Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Harga Kia Sonet, Siap Ganggu Persaingan SUV Murah

Kompas.com - 10/11/2020, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kreta Indo Artha bakal meluncurkan Kia Sonet pada 11 November esok hari. Mobil yang diproduksi dari pabrik Kia Motors di India ini sebelumnya telah melakukan world premiere pada 18 September lalu.

Kemunculan Kia Sonet saat itu membuat segmen mobil murah di India sempat heboh. Sebab dalam waktu 24 jam usai diluncurkan, pemesanan Sonet diklaim telah menembus 6.000 unit.

Di India, Sonet dijual mulai 6,71 lakh atau sekitar Rp 133 jutaan sampai 11,9 lakh atau sekitar Rp 239 jutaan.

Baca juga: Deretan MPV Bekas Rp 50 Jutaan, Bisa Dapat Odyssey dan Avanza

SUV mungil ini mengusung mesin 1.200 cc bensin, 1.000 cc bensin turbo, dan 1.500 cc diesel turbo di India. Kemungkinan model bermesin jadi pilihan untuk pasar Indonesia.

Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, mengatakan, Sonet akan meramaikan jajaran SUV lima penumpang di Tanah Air.

“Sebentar lagi, nanti tunggu saja undangannya ya,” ujar Ario, kepada Kompas.com akhir Oktober 2020.

Baca juga: Penggemar Motor Mirip Harley Ada Banyak di Indonesia

Teaser Kia Sonet yang dikabarkan meluncur 11 November 2020www.kia.com Teaser Kia Sonet yang dikabarkan meluncur 11 November 2020

Dengan posisi harga yang berada di bawah Kia Seltos, besar kemungkinan di Indonesia Sonet akan berada di rentang harga Rp 200 jutaan hingga Rp 300 jutaan.

Ario juga sempat mengatakan, bahwa banderol Sonet akan diposisikan di antara Kia Picanto dan Kia Rio varian tertinggi. Artinya, SUV ini diprediksi akan memiliki harga kisaran Rp 230 jutaan sampai Rp 290 jutaan.

Melihat spesifikasi teknisnya, Sonet harusnya menjadi lawan sepadan bagi Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang belum meluncur di Indonesia.

Namun melihat harganya saat ini, rasanya SUV mungil ini bakal mengambil sedikit konsumen segmen Low SUV atau SUV murah yang dihuni Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, HR-V, Mitsubishi Xpander Cross, hingga Suzuki XL7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com