Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Petamburan

Kompas.com - 10/11/2020, 13:23 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak kepolisian menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas terkait massa yang akan mengantar Rizieq Shihab ke kediamannya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardji mengatakan, pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan, tetapi bersifat situasional dengan melihat kondisi dan keadaan.

"Intinya polisi begini, selama bisa berjalan satu jalur, kita satu jalur, kan kasihan orang lain. Tapi, kalau memang udah tidak bisa, ya lihat situasinya aja," ucap Lilik disitat dari NTMC Polri, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Macet 7 Km, Kendaraan ke Arah Bandara Soekarno-Hatta Diminta Putar Balik

Untuk rekayasa lalu lintas, polisi dikabarkan telah menyiapkan skenario berupa pengalihan arus guna mencegah terjadinya kepadatan dan kemacetan.

Massa berkumpul di dekat markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, untuk menyambut kedatangan pimpinan FPI Rizieq Shihab, Selasa (10/11/2020).  Akibat hal itu, jalan KS Tubun ditutup Total dari kedua arah. Kendati demikian, massa tetap memberi jalan bagi ambulans dan mobil jenazah yang hendak lewat.KOMPAS.com/Ihsanuddin Massa berkumpul di dekat markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, untuk menyambut kedatangan pimpinan FPI Rizieq Shihab, Selasa (10/11/2020). Akibat hal itu, jalan KS Tubun ditutup Total dari kedua arah. Kendati demikian, massa tetap memberi jalan bagi ambulans dan mobil jenazah yang hendak lewat.

Lalu lintas dari arah Tanah Abang yang akan menuju ke arah Petamburan bakal dibelokkan ke Blok G, jika sudah tidak bisa dilintasi kendaraan.

"Kendaraan dari arah Slipi menuju Petamburan kita alihkan melewati Pejompongan," kata Lilik .

Baca juga: Ingat Lagi Pentingnya Tugas Road Captain Saat Konvoi Motor

Meski demikian, hingga saat ini dikabarkan masih belum melakukan pengalihan arus lalu lintas. Kondisinya terpantau masih normal tanpa kepadatan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Selasa (10/11) Pantauan lalin di Slipi pada siang hari ini. - photo @fiqi0510 @bennyapriliandi @riyanfernando23 #jktinfo

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo) on Nov 9, 2020 at 8:34pm PST

Seperti diketahui, kemacetan panjang terjadi di Tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta lantaran banyaknya kendaraan massa yang menyambut kedatangan Rizieq parkir di ruas tol tersebut.

Kepolisian sampai menerapkan sistem contraflow selepas Gerbang Tol Cengkareng, bahkan sampai menyiapkan kendaraan darurat untuk membawa penumpang yang terjebak rombongan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com