Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Kaprah Campur Air Wiper Mobil dengan Sampo

Kompas.com - 30/10/2020, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper pada mobil berfungsi menyapu kotoran serta debu pada kaca mobil ketika hujan. Biasanya, fungsi wiper dibantu dengan semprotan air, terlebih saat kaca dalam keadaan kotor oleh debu atau residu bekas hujan.

Namun, tidak sedikit pemilik mobil yang sering salah kaprah melakukan perawatan pada kendaraan kesayangannya. Salah satunya adalah penggunaan cairan wiper yang tidak sesuai.

Baca juga: Test Drive BMW X7, Mobil Sultan yang Keistimewaannya Beda

Beberapa pemilik mobil sering kali mengisi tabung reservoir cairan wiper dengan air campur sampo manusia. Lantas, adakah efek samping dari kebiasaan tersebut?

CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian mengatakan, perilaku ini sebetulnya tidak dilarang. Tapi harus diperhatikan kandungannya, sebab tidak semua jenis sampo dapat digunakan.

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

“Sebetulnya boleh, tapi tidak boleh sembarangan. Karena masing-masing sampo memiliki kandungan formula yang berbeda. Kebanyakan kandungan deterjen formula sampo tidak cocok untuk kaca mobil terutama kaca depan, sehingga bisa merusak struktur lapisan kaca mobil,” ujar Christopher kepada Kompas.com.

Baca juga: Pesona Tampilan BMW X7 Sebagai Pemain Baru SUV Para Sultan

Christopher melanjutkan, biasanya akan muncul efek pelangi atau bayangan di kaca akibat pemakaian sabun yang sembarangan, tentunya ini akan mengganggu saat berkendara.

Saat ini teknologi untuk pembersih kaca mobil sudah canggih. Dianjurkan agar kaca di coating terutama untuk kaca bagian depan, mengingat coating memiliki fungsi yang cukup banyak salah satunya adalah efek daun talas.

“Ini berdampak jamur atau kotoran akan sulit menempel pada kaca, sehingga kondisi kaca selalu bersih dan wiper pun bekerja lebih ringan karena kaca menjadi licin,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com