Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia Bebek Retro Honda yang Sempat Mendominasi Pasar

Kompas.com - 24/10/2020, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor bebek retro sedang digandrungi pecinta otomotif beberapa tahun terakhir. Dari sekian merek, nama Honda tidak luput dari perhatian dengan model Astrea Series.

Honda Astrea Series pun cukup banyak modelnya dari C700 sampai Astrea Grand. Namun model yang paling sering ditemui di jalan ada tiga yaitu Astrea Star, Astrea Prima, dan Astrea Grand.

Bisa dimaklumi, model bebek legendaris dari Honda ini relatif mendominasi pasar di era 1980-1990-an. Praktis konsumen yang pernah mengendarainya kala itu, sekarang di era 2020, mau nostalgia.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Teruel, Nakagami Tercepat Disusul Vinales

1. Astrea Star

Honda Astrea Stardok.Arif Syahbani Honda Astrea Star

Astrea Star meluncur pada tahun 1985-1986 dan merupakan pengganti dari Honda C800. Berbeda dengan C800 yang masih serba kotak, Astrea Star justru hadir dengan sedikit lekuk.

Lampu depan yang berbentuk trapesium menjadi ciri khasnya, pun dengan lampu belakang yang cukup besar dan juga berbentuk trapesium. Sayangnya suspensi depan Star masih jadul seperti milik C800.

2. Astrea Prima

Honda Astrea Prima 1989 retorasi Foto: Istimewa Honda Astrea Prima 1989 retorasi

Astrea Prima masuk ke Indonesia pada 1988. Generasi pertamanya didatangkan dari Jepang. Namun kemudian generasi setelahnya dirakit oleh PT Federal Motor. Perbedaannya yang versi CBU masih menggunakan sistem starter engkol.

Astra Prima memiliki banyak nama. Di Thailand motor ini disebut Cub 100 EX dan Malaysia Dream EX 5. Motor ini banyak beredar di negara tetangga sebab memang didesain oleh Honda Jepang untuk market Asia Tenggara.

Baca juga: Selalu Dapat Poin Padahal Pakai Motor Bekas, Nakagami Dapat Motor Baru

Secara desain, Astrea Prima masih mengikuti pakem Star. Bedanya lampu depan lebih terang, bentuk sepatbor depan lebih panjang dan suspensi depan sudah model teleskopik.

Mengusung mesin C-series 100 berkapasitas 97 cc, Astrea Prima menghasilkan 8,9 tk dan torsi 9,3 Nm. Tenaga disalurkan lewat transmisi manual empat percepatan.

3. Astrea Grand

Honda Astrea Grand Foto: Mohammad Ghalib Honda Astrea Grand

Astrea Grand merupakan model yang paling berperan menumbuhkan tren bebek retro. Motor ini lahir pada 1991 menggantikan Prima. Dibanding Prima, bodi Grand sudah berubah banyak, lebih ramping dan tidak kaku.

Pada 1994 keluar versi baru, perbedaannya di lampu belakang ada tambahan duck tail. Namun saat tren bebek kembali lagi, model jadul dengan buritan ratalah yang banyak dicari. Biasa disebut ‘Astrea Bulus’ atau ‘Pantat Monyet’.

Mesinnya yang terkenal bandel, mengusung jantung 85,8cc SOHC menghasilkan 7,3 tk dan torsi 7,55 Nm.

Beberapa keunggulan Grand ketimbang Prima ialah dudukan kaki pembonceng tidak lagi menempel swingarm tapi dudukan terpisah. Sederhana, tapi menambah kenyamanan penumpang belakang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com