Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pil Pahit Quartararo di GP Aragon, dari Pole Position Finish Posisi 18

Kompas.com - 18/10/2020, 22:08 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ambisi Fabio Quartararo memenangkan MotoGP Aragon harus pupus. Pebalap Petronas Yamaha tersebut tercecer jauh dan terpaksa menelan pil pahit lantaran finish di posisi ke -18.

Padahal, saat awal balap dimulai, pebalap asal Perancis tersebut menempel ketat Maverick Vinales yang langsung menyedok urutan awal ketika lampu start menyala. Namun demikian, setelah melewati beberapa putaran, Quartararo mulai melemah.

Satu persatu pebalap di belakangnya mulai menyusul dengan mudah, mulai dari duet Suzuki Alex Rins dan Joan Mir, Franco Morbidelli, bahkan tertinggal jauh dengan Alex Marquez yang berhasil finis di posisi kedua.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Joan Mir Kudeta Posisi Quartararo

 

Banyak spekulasi mengapa penampilan Quartararo langsung turun drastis, apalagi setelah insiden highside parah yang dialaminya ketika menjalani sesi latihan bebas ketiga (FP3). Tepatnya saat di tikungan 14 hingga membuatnya harus dibawa ke medical center.

Fabio Quartararo Fabio Quartararo

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi soal indikasi apa yang dialami Quartararo hingga akhirnya secara berlahan tertinggal jauh di urutan belakang. Namun demikian, Quartararo memang terlihat masih terus berjuang sampai garis finis.

Melansir dari Crash.net, ada dugaan bila nasib sial Quartararo akibat kecelakaan yang dialaminya pada FP3 sehingga dia harus melajukan motornya sambil menahan rasa sakit.

Namun ada juga yang menilai bila hal tersebut lantaran performa motornya yang tak baik dan pemilihan ban yang tidak cocok.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Aragon 2020, Quartararo Jatuh, Vinales Masih Terdepan

Namun yang pasti, dampak dari kekalahan Quartararo membuatnya posisinya di tangga klasemen sementara juga harus digeser oleh Joan Mir dari Suzuki Ecstar dengan perolehan poin tertinggi, yakni 121.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com