Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Peralatan Darurat yang Wajib Ada di Dalam Mobil

Kompas.com - 10/10/2020, 12:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan mobil bisa menimpa siapa saja dan kapan saja saat berkendara. Bisa disebabkan karena kelalaian pengemudi sendiri maupun pengendara lain. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk selalu membawa peralatan darurat saat berkendara.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi mengatakan, setidaknya ada lima peralatan darurat yang sebaiknya selalu dibawa oleh pengendara mobil.

Baca juga: Moge Semakin Jarang Sunmori Selama PSBB, Jangan Lupa Perawatan!

Peralatan tersebut antara lain kunci-kunci untuk membuka roda, ban cadangan, dongkrak, kotak P3K, dan alat komunikasi.

Ilustrasi ban cadangan.VW MOTORTREND Ilustrasi ban cadangan.

“Ban merupakan salah satu bagian paling penting yang bisa membuat mobil berjalan dengan baik. Untuk itu, sangat penting membawa kunci-kunci untuk membuka roda, ban cadangan, dan dongkrak. Agar, jika terjadi ban bocor diperjalanan, kita bisa mengganti ban tersebut dan melanjutkan perjalanan,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Lorenzo Kecewa Belum Berhasil Cicipi M1 2020 di Sirkuit Portimao

Kotak P3K juga tidak kalah penting, di dalamnya terdapat berbagai alat bantu medis, mulai dari cairan pembersih luka, kain kasa atau perban, gunting kecil dan obat-obatan lainnya.

 

Terakhir, alat komunikasi. Tentunya agar dapat memberi kabar para kerabat atau orang lain mengenai kondisi kita jika terjadi sesuatu di jalan.

Jangan lupa untuk selalu membawa segitiga pengaman, yang bertugas sebagai isyarat bila kendaraan berhenti dalam keadaan darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com