Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Teknisi Yamaha Dikarantina, 1 Orang Positif Covid-19

Kompas.com - 09/10/2020, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber GPone

LE MANS, KOMPAS.com - Tim Yamaha akan bertandang ke GP Le Mans, Perancis tanpa enam teknisi. Keenam orang tersebut absen karena harus menjalani karantina mandiri setelah satu dari mereka positif Covid-19.

Salah satu dari enam orang tersebut adalah Project Leader YZR-M1, Takahiro Sumi.

Yamaha menyebut teknisi yang positif Covid-19 tidak menunjukkan gejala penyakit. Saat ini kondisinya akan terus dipantau dan juga orang-orang yang pernah berhubungan langsung dengannya.

Baca juga: Komentar Rossi Setelah Jajal Sirkuit Portimao

Maverick Vinales saat latihan bebas di MotoGP Austria 2020Yamahamotogp Maverick Vinales saat latihan bebas di MotoGP Austria 2020

Lewat pernyataan resmi, Yamaha mengatakan awalnya keenam teknisi tersebut menetap di Andorra, yakni tempat menetap saat sedang jeda antara seri balap.

Pada Senin (5/10/2020) para anggota tim menjalani tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Sehari kemudian salah satu teknisi dinyatakan positif, sedangkan lima lainnya negatif. 

"24 jam kemudian, tes lainnya dilakukan untuk memastikan hasil dari tes pertama. Hasilnya identik, mengonfirmasi tes pertama positif Covid-19 untuk satu orang dan lima lainnya negatif," tulis Yamaha dikutip dari GPOne, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Jelang MotoGP Perancis, Poin Quartararo Unggul Tipis dari Mir

"Akibatnya, semua enam teknisi grup berpergian tersebut sekarang melakukan karantina di Andorra dan tidak akan ikut berpartisipasi di balapan akhir pekan ini di Le Mans, Perancis," tulis Yamaha.

Yamaha mengatakan Takahiro Sumi dan lima teknisi lainnya akan tetap membantu teknisi yang bertugas di Le Mans menggunakan alat telekomunikasi terbaru.

"Sistem komunikasi baru ini memungkinkan mereka tetap bisa terhubung dengan kru tim dan pebalap di area pit box, baik sebelum, saat dan sesudah tiap sesi," tulis Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GPone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com