Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar, Ban Kendaraan Niaga Lebih Keras Dibanding Mobil Biasa?

Kompas.com - 05/10/2020, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban merupakan bagian kendaraan yang menopang berat dari mobil. Tentunya setiap ban menyesuaikan dari kebutuhan kendaraannya. Misalnya untuk mobil dengan performa tinggi, memiliki ban yang lebih baik cengkeramannya.

Beragam ban yang terdapat di pasar memang diciptakan berdasarkan kebutuhan kendaraan masing-masing.

Lantas, ada anggapan di masyarakat yang mengatakan kalau ban pikap memiliki karakter yang lebih keras dibanding dengan mobil biasa. Apakah benar begitu?

Independent Tire Analyst dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Bambang Widjanarko mengatakan, secara bahan baku sama saja, namun ply rating berbeda.

Baca juga: Harga SUV di Balai Lelang Awal Oktober, Pajero Sport Hanya Rp 100 Jutaan

Ilustrasi ban mobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi ban mobil

“Ban untuk mobil penumpang, memiliki ply rating yang lebih sedikit dibanding ban kendaraan niaga,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Minggu (4/10/2020).

Ply rating ini berarti kemampuan dari satu lembar baja yang setara dengan beberapa lapis benang nylon. Jadi semakin besar ply rating, semakin kuat bannya. Selain itu, tekanan udara ban kendaraan niaga juga lebih tinggi.

“Sebenarnya tekanan udara harus tinggi adalah untuk menegakkan dinding samping saja, jangan sampai tertekuk. Karena ban radial yang punya kerangka baja yang kalau tertekuk bisa putus,” kata Bambang.

Baca juga: Wacana Relaksasi Pajak Nol Persen, Konsumen Tunda Beli Mobil

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan, tekanan udara kendaraan niaga standarnya memang lebih tinggi dibanding mobil penumpang, karena dibuat untuk mengangkut beban yang lebih berat.

Misalnya untuk tekanan standar mobil penumpang antara 33 psi sampai 36 psi. Sedangkan ban niaga memiliki tekanan udara standar mulai 43 psi sampai 54 psi, tergantung ukuran bannya. Oleh karena itu, spesifikasi ban niaga memiliki konstruksi yang lebih kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com