Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Rajawali Citra Transport Rilis Bus Baru Karoseri New Armada

Kompas.com - 15/09/2020, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 seperti saat ini, tidak membuat perusahaan otobus (PO) berhenti menyegarkan kendaraan. Salah satunya, PO Rajawali Citra Transport yang melakukan penyegaran pada kendaraan niaga andalannya.

Bus terbaru dari PO asal Medan ini menggunakan bodi Skylander double glass dari karoseri New Armada di Magelang. Bodi Skylander ini didominasi warna putih dengan grafis berwarna hijau, biru dan merah.

Pada bagian depan, desain lampu Skylander ini memang terbilang unik, memiliki DRL yang memanjang ke bawah. Selain itu, pada bagian kaca, dilindungi dengan tameng yang terbuat dari besi, untuk kaca atas dan bawah.

Baca juga: Jakarta Terapkan PSBB Lagi, Mulai Hari Ini Ganjil Genap Tak Berlaku

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pembuat Bus, Minibus, Box (@herry_karoseri_na) on Sep 11, 2020 at 2:59am PDT

 

Tameng besi pada kaca depan ini memang peranti yang awam digunakan pada bus Sumatera. Fungsinya yaitu sebagai pelindung pengemudi bus dari lemparan batu ketika sedang beroperasi.

Kemudian pada bagian samping, ada selendang yang bentuknya unik. Berbeda dari selendang kebanyakan, modelnya seperti huruf J dan berwarna silver. Ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga pandangan penumpang ke samping tidak terhalang.

Lalu pada bagian belakang, menggunakan model lampu LED yang minimalis. Bentuk lampu belakang ini memanjang ke atas, namun ukurannya tidak terlalu besar, sehingga memberi kesan bus yang canggih.

Baca juga: Quartararo Sebut Dirinya Jatuh Karena Vinales

Penyebaran bodi bus buatan karoseri New Armada ini memang tidak sebanyak karoseri lain, terutama di Pulau Jawa. Namun menurut Dimas Raditya, Anggota Forum Bismania Indonesia, bodi bus New Armada ini banyak beredar di luar Pulau Jawa.

“Banyaknya yang pakai bodi dari New Armada di Sulawesi, sedangakan di Jawa enggak banyak,” kata Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Diketahui, New Armada pernah membuat dua Skylander Double Decker untuk PO Primadona di Sulawesi. Sedangkan untuk bus milik PO Rajawali Citra Transport memiliki trayek Medan – Pekanbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com