Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pemicu Kebakaran Mobil, Jangan Anggap Remeh Satu Pun

Kompas.com - 10/09/2020, 07:28 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, kasus mobil terbakar kerap terjadi. Bahkan, di salah satu kejadian ada yang sampai menelan korban jiwa.

Untuk itu, penting sekali bagi para pemilik mobil untuk memahami kendaraannya. Setidaknya ada tujuh hal yang dapat memicu kebakaran pada mobil. Sebagian besar faktornya adalah kelalaian dari pengemudi atau pemilik mobil.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini jika Mobil Tiba-tiba Terbakar

Riecky Patrayudha, Service Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, sangat penting bagi pemilik mobil memperhatikan kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa membuat mobil terbakar.

Mobil Kia Pregio nomor polisi W 1954 NK terbakar di Tol Pandaan-Malang, Minggu (30/8/2020).Dok. Ditlantas Polda Jatim Mobil Kia Pregio nomor polisi W 1954 NK terbakar di Tol Pandaan-Malang, Minggu (30/8/2020).

"Semua sistem pada kendaraan sudah didesain dan dilakukan uji coba, termasuk pemasangan dan kapasitas komponen kelistrikan yang didesain agar saat terjadi kegagalan pada sistem kelistrikan tidak menyebabkan hubungan pendek arus listrik yang bisa memicu mobil terbakar," ujar Riecky kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Riecky menambahkan, ada beberapa potensi yang bisa membuat mobil terbakar dan wajib untuk diperhatikan pengendara atau pemilik kendaraan, yaitu sebagai berikut:

Baca juga: Range Rover Hangus Terbakar di Tol, Pahami Ciri Mobil Akan Terbakar

1. Rajin Mengecek Ruang Mesin Kendaraan

Benda asing yang tertinggal di ruang mesin kendaraan, seperti kain lap yang digunakan setelah melakukan perawatan atau pembersihan, dapat memicu terjadinya kebakaran. Untuk itu, selalu cek kembali ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin.

2. Pastikan Tutup Oli Terpasang Rapat

Saat tutup oli tidak terpasang dengan benar, oli dapat merembes keluar dan cipratannya dapat mengenai bagian komponen lain yang panas, seperti knalpot. Percikan oli tersebut bisa berubah menjadi api.

3. Periksa Instalasi Kabel dan Aksesori Kelistrikan Tambahan

Saat memasang aksesori kelistrikan, dianjurkan untuk menggunakan sekring sebagai pengaman. Sebab, sekring berfungsi untuk memutus arus jika terjadi hubungan pendek arus listrik. Jika tidak menggunakan sekring, kabel berpotensi meleleh dan menyebabkan mobil terbakar.

Selain itu, sekring yang terpasang jauh dari sumber listrik (baterai) dan terminal konektor yang longgar juga dapat mengakibatkan panas berlebih dan menimbulkan percikan api.

Sebuah mobil terbakar di Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 09.25 WIB.Dok. Istimewa Sebuah mobil terbakar di Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 09.25 WIB.

4. Hindari Penggantian Headlamp atau Foglamp dengan Daya Watt yang Besar

Setiap pabrikan selalu menganjurkan pemilik mobil untuk menggunakan komponen yang sesuai dengan spesifikasinya, termasuk dengan bohlam headlamp atau foglamp. Hindari penggunaan bohlam dengan watt yang lebih besar dari ukuran standar.

Sebab, kapasitas watt yang lebih besar dari standar akan menyebabkan aki terkuras dan berpotensi mengakibatkan panas yang mampu mengakibatkan kebakaran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com