Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dear Ladies, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mengganti Ban

Kompas.com - 09/09/2020, 18:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang ketika mengganti ban mobil, yaitu menginjak batang kunci buat mengecangkan baut. Kebiasaan itu dinilai lebih banyak berdampak negatif ketimbang positif.       

Menginjak batang kunci, apalagi sampai berdiri lalu sambil diayunkan malah meningkatkan risiko cedera. Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, baut pada ban tidak perlu dikencangkan sampai seperti itu.

Baca juga: Rayakan Hari Jadi Ketiga, Komunitas Xpander Adakan Kopdar Online           

Pengendara WanitaStanly/Otomania Pengendara Wanita

Cara ini bisa jadi kerap dilakukan oleh perempuan buat mendapatkan tenaga tambahan untuk mengencangkan baut. Tapi menurut Anjar, dikencangkan pakai tenaga sendiri masih bisa dilakukan.

Baca juga: Ini Salah Satu Penyebab Kecelakaan di Tol Cipali                           

“Sebenarnya ada torsi standar maksimum dan minimum. Buat sampai ke maksimum itu tidak perlu diinjak, cukup dengan tangan pakai berat badan saja,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Dijelaskan Anjar, sebenarnya jika baut terlalu kencang tidak menyebabkan kendala buat pengoprasian mobil. Namun masalahnya, bakal sulit membuka baut yang sama jika mau mengganti ban lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com