Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dear Ladies, Perhatikan Ini Kalau Mau Mobil Terawat

Kompas.com - 05/09/2020, 16:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Entah karena sudah kordat atau memang bawaan karakter mengemudi wanita dan pria biasanya berbeda. Cara mengemudikan kendaraan tersebut yang membuat adanya bagian mobil yang kerap mengalami kerusakan.

Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak, Suparna, mengatakan, berdasarkan pengalamannya, ada dua bagian mobil yang sering alami kerusakan bagi pemilik wanita. Pertama pelat kopling, yang kedua bodi mobil yang sering penyok serta baret-baret.

“Memang tidak semua seperti itu, namun biasanya terjadi pada pengemudi wanita dan orang yang baru belajar mengendarai mobil,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.cm beberapa waktu lalu.

Baca juga: Honda CBR250RR Siap Balap Dijual Terbatas, Banderol Rp 100 Jutaan

Suparna melanjutkan, plat kopling yang cepat aus disebabkan oleh pengemudi sering melakukan teknik setengah kopling, agar tidak kerepotan kalau harus menarik rem parkir, dengan alasan kepraktisan.

Pedal kopling akan terasa keras jika menggunakannya tidak benar atau kurang perawatan.Donny Apriliananda Pedal kopling akan terasa keras jika menggunakannya tidak benar atau kurang perawatan.

“Kondisi tersebut tentu akan memengakibatkan terjadinya keausan pada plat atau kanvas kopling lebih dini. Contoh, pada pemakaian normal biasanya kanvas kopling baru habis sampai 60.000-70.000 km, tetapi karena pemakaian yang tidak benar, belum sampai 10.000 km sudah selip dan loss power,” katanya.

Baca juga: Honda CBR250RR Siap Balap Dijual Terbatas, Banderol Rp 100 Jutaan

“Sebaiknya memang menggunakan rem parkir atau rem tangan, daripada harus menahan kopling setengah,” lanjut Suparna.

Terkait dengan bodi mobil sendiri, menurut Suparna, perempuan yang bisa mengemudikan mobil cenderung cuek dan enggan untuk menengok ke kanan dan ke kiri. Kebiasaan buruk tersebut jangan lantas didiamkan, tetapi sebaiknya diperbaiki. Agar kondisi mobil selalu dalam kondisi baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com