Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Spesifikasi Lengkap Nissan Kick e-Power di Indonesia

Kompas.com - 03/09/2020, 09:12 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan pasar kendaraan elektrifikasi di Tanah Air, Nissan Indonesia resmi menghadirkan Kicks e-Power, Rabu (2/9/2020). Mobil bergenre compact SUV ini datang dengan menawarkan teknologi hybrid baru yang menawarkan sensasi berkendara seperti 100 persen mobil listrik.

Dari segi spesifikasi, antara Kicks e-Power yang pertama meluncur di Thailand dan yang kini ada di Tanah Air tidak berbeda. Namun untuk di Indonesia hanya dipasarkan dalam satu varian saja.

"Untuk Indonesia hanya satu varian, tapi dari segi spesifikasi dan fitur, Kicks e-Power yang kita pasarkan di Indonesia sama dengan varian tertinggi yang ada di Thailand," ucap Marketing Director Nissan Indonesia Bagus Susanto, dalam sesi tanya jawab secara virtual, Rabu (2/9/2020).

Baca juga: Nissan Kicks e-Power Resmi Meluncur, Harga Rp 449 Juta

Terkait masalah teknis mesin, Kicks e-Power hadir dengan kolaborasi mesin konvensional tiga silinder 12-valve berkubikasi 1.200 cc dan motor listrik EM57 denga tipe AC3 Synchronous Motor.

Nissan Kicks e-Power, meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Kicks e-Power, meluncur di Indonesia

Mesin bensin tersebut bertugas menjadi generator dan inverter untuk mengasilkan daya listrik ke baterai lithium-ion 1,57 kWh dan motor listik yan nantinya digunakan untuk menggerakan roda.

Dengan demikian, mesin konvensional yang tertanam pada Kicks e-Power hanya sebagai genset saja. Tak heran bila Nissan mengklaim Kicks e-Power benar-benar menyajikan impresi berkendara layaknya mobil listrik penuh.

Untuk urusan performa, Nissan mengklaim motor listrik tersebut mampu menyalurkan tenaga sebesar 125 Ps pada 4.000 hingga 8.992 rpm. Sementara untuk torsi yang dihasilkan juga cukup besar, yakni 260 Nm di putaran 500 hingga 3.008 rpm.

Baca juga: Nissan Perkenalkan Teknologi Satu Pedal untuk Gas dan Rem

Teknologi yang ditawarkan juga tak kalah canggih, dengan harga Rp 449 juta yang mana merupakan banderol termurah di segmen kendaraan hybrid, Nissan sudah melengkapi Kicks e-Power dengan ragam fitur inovatif di kelasnya.

Mulai dengan One-Pedal operation yang merupakan teknologi pintar untuk melakukan akselerasi dan deselerasi dengan hanya menggunakan satu pedal, lalu Nissan Safety Shield System yang di dalamnya adalah teknologi Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System pertama di kelasnya.

Nissan membawa teknologi e-Power lewat seri mobil Nissan Kicks e-Power yang diluncurkan pada 2 September 2020Dok. Nissan Global Corporation Nissan membawa teknologi e-Power lewat seri mobil Nissan Kicks e-Power yang diluncurkan pada 2 September 2020

Intelligent Forward Collison Warning mendeteksi pergerakan mendadak kendaraan di depan pada jalur yang sama dan memperingatkan pengemudi akan potensi tabrakan dengan kendaraan di depannya.

Sementara itu, Intelligent Emergency Braking secara otomatis mengaktifkan pengereman ringan dan pengereman darurat saat risiko tabrakan meningkat sehingga dapat menghindarkan terjadinya tabrakan belakang atau mengurangi dampak dari tabrakan itu sendiri.

Baca juga: Sensasi Berkendara ala Mobil Listrik dengan Teknologi e-Power Milik Nissan

Review Nissan Kicks e-Power Kompas.com Review Nissan Kicks e-Power

Tak hanya itu, masih ada teknologi canggih lain dan yang pertama di kelasnya, yakni Intelligent Cruise Control. Kendaraan akan secara otomatis menjaga jarak dan kecepatan aman dari kendaraan di depannya, sehingga mengurangi kelelahan pengemudi saat perjalanan jauh.

Sementara untuk fitur seperti Blind Spot Warning, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Trace Control dan Hill Start Assist, sudah menjadi fitur standar pada Kicks e-Power.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com