Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Sederhana Ubah Tampilan Motor

Kompas.com - 29/08/2020, 11:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu modifikasi yang bisa meningkatkan tampilan sepeda motor, yaitu dengan cara ganti pelek. Namun harga pelek aftermarket yang lumayan tinggi, membuat orang mencari cara lain, salah satunya dengan mengecat.

Dengan melakukan cat ulang pelek, tampilan motor jadi berubah. Pemilik bisa memilih warnanya, ingin disamakan dengan livery motor maupun model-model chrome seperti pelek aftermarket yang harganya mahal.

Pilihan model finishing seperti candy tone, satin, glossy, doff, anodize, dan chrome tersedia untuk dipilih oleh konsumen. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk mengecat pelek bisa lebih murah dan waktu pengerjaannya cepat.

Baca juga: Begini Cara Aktifkan Masa Berlaku STNK yang Telat Bayar Pajak Tahunan

cat ulang pelek motorKompas.com/Fathan Radityasani cat ulang pelek motor

Owner Rey Decal & Painting di Bekasi, Rey mengatakan, proses pengecatan pelek di tempatnya hanya memakan waktu empat sampai lima jam saja.

“Proses pengeringan peleknya menggunakan oven, jadi tidak memakan waktu yang lama. Selain itu, pengecatan dilakukan oleh ahlinya, jadi kesalahan-kesalahan kecil bisa dihindari,” ucap Rey kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, untuk pelek yang sudah pernah dicat ulang sebelumnya, memerlukan waktu lebih lama dalam prosesnya. Jadi cat yang lama dirontokkan terlebih dahulu, baru kemudian dicat dengan warna yang baru.

Baca juga: Bocor, Ini Sosok Harley-Davidson 338R Buatan China

“Proses empat sampai lima jam untuk pelek dalam keadaan rapi, tanpa cacat atau bekas repaint. Sedangkan untuk yang bekas repaint atau ada cacat bisa delapan sampai sembilan jam kerja,” kata Rey.

Harga pengecatannya, dari Rp 700.000 untuk model cat candy tone, satin, anodize doff, glossy, dan doff. Jika ingin tampilan yang lebih kinclong, bisa pakai model chrome dengan harga mulai Rp 2,5 juta sampai Rp 4 juta.

Mengecat ulang pelek sifatnya permanen, jadi tidak bisa dikembalikan ke warna aslinya. Kalau mau dikembalikan ke warna aslinya, bisa dicat kembali dengan warna yang sesuai dengan pelek standarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com