Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Sakelar Motor yang Menyala di Malam Hari

Kompas.com - 22/08/2020, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi pada motor semakin beragam dan variatif. Salah satu yang bisa menambah tampilan motor makin elegan, adalah memasang tombol sakelar yang bisa menyala.

Sakelar yang ada di motor pada umumnya tidak menyala di kegelapan. Modifikasi ini mengganti saklar standar dengan milik Bajaj Pulsar yang sudah dilengkapi dengan LED. Sehingga ketika dalam kegelapan atau tengah berkendara pada malam hari, sakelar akan mengeluarkan cahaya.

Pemilik bengkel modifikasi lampu Light Corner, Arie mengatakan, modifikasi ini sudah mulai banyak yang melakukannya dan bisa dipasang pada beberapa jenis skutik, bahkan sampai motor sport.

Baca juga: Zarco dan Morbidelli Disidang FIM Pasca-insiden Mengerikan di Austria

ganti sakelar nmaxKompas.com/Fathan Radityasani ganti sakelar nmax

“Untuk yang plug & play (pnp), baru di Honda PCX dan Yamaha N-Max, untuk motor lain tetap bisa, hanya saja butuh penyesuaian lagi,” ucap Arie kepada Kompas.com, Jumat (21/8/2020).

Untuk motor sport seperti Honda CB150R, CBR, Tiger, Ninja dan lainnya bisa dipasang juga. Namun tidak secepat dan semurah yang sudah plug & play, harus disesuaikan kembali.

Baca juga: Jangan Pakai Bensin Oktan Terlalu Tinggi, Ini Alasannya

Arie mengatakan, penyesuaian yang dilakukan seperti di jalur lampu senja, dekat, dan jauh. Kemudian kabel idling-stop, serta klakson. Saklar yang digunakan merupakan suku cadang original dari Pulsar yang dirakit ulang.

“Biayanya tergantung dari motornya. Paling murah diangka Rp 385.000 sampai paling mahal Rp 550.000, sudah termasuk spare part sakelarnya” ucap Arie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com