Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Sederhana Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Kompas.com - 19/08/2020, 08:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mika lampu yang kusam membuat tampilan mobil jadi kurang sedap dipandang. Selain itu mika yang buram juga membuat pancaran cahaya dari lampu tidak maksimal.

Untuk mengatasinya tidak sulit, asalkan kondisinya belum terlalu parah. Presiden Direktur XTO Car Care Christopher Sebastian mengatakan, pemilik bisa menggunakan pasta gigi.

Baca juga: Alasan Utama Mobil Harus Gunakan Cairan Khusus Wiper

“Cara sederhana bisa dilakukan untuk membersihkan mika lampu adalah dengan pasta gigi,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Proses pembersihan mika lampu mobil dapat menggunakan pasta gigiitstillruns.com Proses pembersihan mika lampu mobil dapat menggunakan pasta gigi

Aplikasinya tidak sulit. Pertama cukup cuci headlamp sampai bersih kemudian keringkan. Setelah itu beri oleskan pasta gigi secara merata ke permukaan dan gosok dengan pola melingkar.

"Gosok melingkar kemudian diamkan sejenak, lalu siram dengan air hingga bersih,” katanya.

Christopher mengatakan, menggunakan pasta gigi cuma berfungsi jika kondisi mika lampu belum begitu parah. Tapi jika sudah menguning maka tidak bisa cuma membersihkan dari bagian luar saja.

Baca juga: Mengenal Bus Engkel, Bus Kecil dengan Sasis Truk

Ragam lampu mobil yang dijual oleh salah satu toko spare parts di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.Fachri Fachrudin Ragam lampu mobil yang dijual oleh salah satu toko spare parts di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.

“Kalau sudah kusam dan berubah warna jadi kuning itu tidak bisa dibersihkan dari luar saja, harus dibuka biar bagian dalam bisa dibersihkan juga,” uapnya.

Proses

Jika memutuskan untuk membersihkan mika bagian dalam maka harus membuka headlamp. Waktu yang dibutuhkan pastinya lebih lama, tapi bisa selesai dalam hitungan jam.

Proses ini biasanya dilakukan di bengkel. Selain membersihkan mika dalam, pembersihan mika bagian luar juga dilakukan dengan cara wet sanding atau pengamplasan, compounding, polisihing, dan semi coat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com