Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Fitur Canggih pada Mobil yang Biasanya Menganggur

Kompas.com - 05/08/2020, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, mobil yang diproduksi oleh pabrikan sudah dilengkapi oleh berbagai fitur canggih. Bahkan, untuk kendaraan baru yang diluncurkan selalu mengalami kenaikan harga, dengan alasan adanya penambahan berbagai fitur canggih.

Meski demikian, dari sekian banyak fitur yang disematkan pada mobil, ada beberapa yang relatif jarang digunakan. Kondisi ini bisa disebabkan karena pemilik mobil yang tidak mengetahui keberadaannya tersedia pada mobi, atau memang tidak mengerti fungsi dari fitur tersebut.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi mengatakan, idealnya fitur yang disematkan di dalam mobil adalah yang dibutuhkan konsumen.

"Seperti, cruise control, paddle shift, isofix, atau brake hold. Beberapa fitur tersebut disematkan oleh pabrikan untuk menunjang kebutuhan pengemudi saat berkendara," ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/8/2020).

Namun, Bambang membenarkan bahwa tidak jarang pemilik kendaraan yang cenderung mengabaikan fitur tersebut karena faktor kebiasaan mereka saat berkendara.

Berikut beberapa daftar fitur canggih pada mobil yang relatif jarang digunakan pemilik:

 1. Cruise Control

Fitur canggih ini sebenarnya sangat membantu pengemudi ketika ingin mengistirahatkan kakinya sejenak. Pasalnya, fitur ini bisa membuat laju kendaraan konstan tanpa perlu menekan pedal gas, cukup mengendalikan kemudi saja.

Namun melihat kondisi jalan di Indonesia yang padat, membuat para pengemudi enggan untuk menggunakannya.

Baca juga: Masalah Sering Terjadi pada Ban Belakang Ganda Bagian Dalam

2. Kunci Pengaman Anak (Child-Lock)

child safety lock pada mobil chevroletKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda child safety lock pada mobil chevrolet

Fitur ini diperuntukan sebagai kunci tambahan untuk pengamanan anak-anak, biasanya terletak pada pintu baris kedua. Jika fitur ini diaktifkan, pintu tidak akan bisa dibuka dari dalam walau tuas kunci dekat handel pintu sudah terbuka, sehingga akan lebih aman bagi anak-anak yang sudah mengerti cara membuka pintu saat dalam perjalanan.

Namun, kebanyakan pengguna mobil tidak menggunakan fitur ini karena letak tombolnya yang tersembunyi.

3. Isofix

Isofix merupakan standar untuk keselamatan balita ketika berada di dalam mobil. Fitur ini berupa tempat untuk mengaitkan kursi bayi pada baris kedua.

Tetapi pada kenyataannya, fitur ini jarang sekali digunakan karena banyak yang lebih memilih untuk menggendong atau mendudukan balita langsung di kursi penumpang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com