Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikator Oli pada Mobil Menyala, Pertanda Apa Itu?

Kompas.com - 24/07/2020, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada panel meter mobil, terdapat berbagai indikator yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengemudi akan kondisi mobil tersebut.

Salah satu indikator yang ada panel meter adalah logo dengan gambar oli. Indikator ini cukup penting, sebab memberi informasi kepada pengemudi mengenai kondisi volume oli.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, jika indikator ini menyala pastinya ada permasalahan pada volume oli. Bisa jadi level oli berkurang atau tidak sesuai dengan standar.

Baca juga: Alasan Ibu Kota Belum Berlakukan Kembali Ganjil Genap

“Saat indikator tersebut menyala sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada level oli. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melihatnya dari tongkat pengukur oli,” ujar Didi kepada Kompas.com, Jumat (24/7/2020).

Cek oli lewat dipstick- Cek oli lewat dipstick

Didi melanjutkan, ada beberapa hal yang menyababkan oli pada mesin berkurang. Pertama, adanya kebocoran pada mesin. Kebocoran pada mesin yang tidak terdeteksi bisa menyebabkan level oli menjadi berkurang.

Baca juga: Polisi Antisipasi Lonjakkan Volume Kendaraan Bermotor pada Idul Adha

“Biasanya ada kebocoran, kalau penguapan oli memang bisa saja, tetapi biasanya tidak banyak,” katanya.

Kedua bisa disebabkan karena oli ikut terbakar. Menurut Didi, hal ini bisa terjadi karena adanya ring piston yang mulai aus.

“Ketika ring piston aus, bisa menyebabkan oli ikut terbakar saat mesin bekerja, kondisi ini tentu bisa mengurangi level olinya. Jadi kalau indikator menyala pastikan dulu dilakukan pengecekan dan periksa jika ditemukan adanya kebocoran,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com