Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Sekat Partisi di Avanza dan Sejenis, Mengganggu Posisi Duduk

Kompas.com - 20/07/2020, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penggunaan sekat partisi di interior mobil belakangan ini tengah menjadi tren. Bukan hanya kendaraan besar, tapi kendaraan kecil juga menggunakan alat yang bisa mencegah penyebaran virus corona dalam kabin.

Walaupun berdampak baik dari segi kesehatan, ternyata penggunaan sekat partisi punya efek negatif dari sisi keselamatan berkendara.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consulting Indonesia (SDCI), mengatakan, sekat partisi dari bahan kaku dapat mengganggu posisi berkendara. Terlebih jika disematkan pada mobil ukuran kecil, seperti Low MPV.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020: Quartararo Memimpin, Marquez dan Rossi Tanpa Poin

Ilustrasi sekat partisi mobil yang dipasang di Toyota FortunerInstagram/delimajaya Ilustrasi sekat partisi mobil yang dipasang di Toyota Fortuner

Sebab posisi berkendara yang tidak nyaman, membuat pengemudi tidak sigap dalam mengantisipasi adanya bahaya bahkan sebuah kecelakaan.

“Partisi yang kaku harusnya bisa diaplikasi di hampir semua MPV. Karena kan baris keduanya bisa bebas dimodif maju mundur dengan jarak yang panjang sampai baris ketiga,” ucap Sony, kepada Kompas.com (19/7/2020).

Namun penggunaan sekat partisi yang disematkan di bagian pilar B atau di antara baris pertama dan kedua, tentu harus mengorbankan posisi berkendara dan duduk penumpang baris pertama.

Baca juga: Update Kondisi Marc Marquez, Tangannya Patah dan Harus Dioperasi

Sekat Partisi Mobil yang dimodifikasi BAV Luxury Auto Design.Istimewa Sekat Partisi Mobil yang dimodifikasi BAV Luxury Auto Design.

“Memang kadang tidak nyaman disematkan pada kendaraan yang memiliki panjang ruang yang terbatas,” ujar Sony.

“Selain memaksakan, penempatannya juga mengganggu posisi jok depan atau driver dalam mencari setelan yang ideal,” katanya.

Lain halnya dengan sekat partisi yang lebih fleksibel, contohnya sekat partisi yang terbuat dari bahan plastik transparan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Saat Mobil Parkir Wajib Matikan AC dan Audio?

Sekat partisi pada mobil pengujian praktik SIM di Satpas Daan Mogot Dok. Satpas SIM Daan Mogot Sekat partisi pada mobil pengujian praktik SIM di Satpas Daan Mogot

Menurut Sony, untuk mobil di segmen Low MPV ada baiknya menggunakan sekat partisi jenis ini agar tidak mengorbankan posisi berkendara pengemudi.

“Kalau partisi yang elastis memang lebih fleksibel, sesuai dengan kebutuhannya dan tidak mengganggu pengemudi dalam mengatur tempat duduk,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com