Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Terapkan Protokol Baru untuk Kegiatan Diler

Kompas.com - 07/07/2020, 18:01 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengadaptasi kebiasaan normal baru alias new normal, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) siap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah.

Kondisi ini berlaku untuk kegiatan operasional seluruh diler resmi kendaraan penumpang niaga ringan Mitsubishi di Indonesia. Termasuk juga bagi kegiatan penjualan dan purna jual yang dilakukan di luar area diler yang telah dimulai sejak 1 Juli lalu.

Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI, mengatakan penerapan protokol kesehatan merupakan upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam penularan wabaha Covid-19 dalam periode new normal.

Baca juga: Banderol MPV Murah Stabil di Juli 2020

"Hal ini juga memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen Mitsubishi saat melakukan aktivitas serta mengakses fasilitas dan layanan terkait keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, juga untuk memberikan acuan dan panduan protokol kesehatan dalam kegiatan operasional diler dan interaksi dengan konsumen," ucap Nakamura dalam keterangan resminya, Selasa (7/7/2020).

Protokol baru Mitsubishi untuk diler di masa adaptasi new normalMMKSI Protokol baru Mitsubishi untuk diler di masa adaptasi new normal

Secara umum, penertapan protkol kesehatan dengan konsumen diterapkan pada dua situasi, yakni walk in customer serta kegiatan di luar diler. Masing-masing memiliki protokol yang telah ditetapkan.

Untuk walk in customer terkait kegiatan konsumen di area diler bagi kegiatan penjualan dan bengkel, MMKSI menerapkan ;

- Melakukan persiapan kebersihan dan kondisi steril di area diler dan bengkel dengan cairan pembersih atau disinfektan sebelum diler buka dan tutup setiap harinya. Perhatian lebih terhadap objek yang sering disentuh seperti gagang pintu, meja resepsionis, meja dan kursi negosiasi dan ruang tunggu, digital tools, unit pamer - test drive - yang diserahkan pada konsumen, kids-zone, toilet dan sebagainya.
- Memastikan sabun cuci tangan dan hand sanitizer selalu tersedia,
- Seluruh personil yang bertugas di diler (mulai dari petugas kebersihan, frontliner, tenaga penjual hingga teknisi) mengenakan atribut perlindungan diri dari COVID-19 seperti masker, sarung tangan dan face shield.
- Melaksanakan protokol Kesehatan new normal pada seluruh interaksi petugas diler dan konsumen seperti: memeriksa suhu tubuh menggunakan thermometer gun, kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan kontak fisik, menghindari batuk dan bersin di dekat orang lain serta menyarankan pembayaran dengan metode cashless.

Baca juga: Menu Harga Mobil Murah Jelang New Normal

Sementara untuk kegiatan di luar diler terkait keiatan yang dilakukan untuk penjualan dan pemeliharanan kendaraan protokolnya seperti ;

Protokol baru Mitsubishi untuk diler di masa adaptasi new normalMMKSI Protokol baru Mitsubishi untuk diler di masa adaptasi new normal

- Konsumen mencari informasi melalui media umum dan melakukan kontak melalui saluran resmi Mitsubishi Motors Indonesia (media sosial, website, aplikasi My Mitsubishi Motors ID, layanan Mitsubishi Motors Customer Care, dsb)
- Petugas diler melakukan follow-up
- Melaksanakan persiapan kebersihan dan kondisi steril unit dan peralatan yang digunakan
- Seluruh personil yang bertugas keluar menemui konsumen mengenakan atribut perlindungan diri dari COVID-19 seperti masker, sarung tangan dan face shield.
- Melaksanakan protokol Kesehatan new normal pada seluruh interaksi petugas diler dan konsumen seperti: kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan kontak fisik, menghindari batuk dan bersin di dekat orang lain serta menyarankan pembayaran dengan metode cashless.

Baca juga: Tantang Fortuner Legender, Mitsubishi Rilis Pajero Sport Elite


Nakamura menjelaskan bila MMKSI sangat peduli dengan pencegahan penyebaran COVID-19 dan mendukung kebijakan dan protokol yang telah ditetapkan Pemerintah sebagai usaha untuk mempercepat penyelesaian pandemi ini.

"Kesehatan dan kenyamanan konsumen kami dalam bertransaksi merupakan hal yang menjadi fokus dan prioritas kami saat ini," ujar Nakamura.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com