Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi 2 Bus Listrik BYD yang Bisa Diuji Coba Gratis

Kompas.com - 07/07/2020, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang ingin mencoba naik bus listrik di Jakarta, sekarang waktu yang tepat. Pasalnya, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali melakukan uji coba dua unit bus listrik keluaran BYD dengan rute Balai Kota-Blok M.

Menariknya, proses uji coba kali ini yang dinamankan dengan EV1 tersebut, akan berlangsung selama tiga bulan ke depan dan dikhususkan mengangkut penumpang secara cuma-cuma, alias gratis.

Kedua unit bus listrik asal China yang dibawa oleh PT Bakrie Autoparts tersebut adalah, single low entry Tipe K9 serta bus berdimensi medium Tipe C6 yang dua-duanya dikelir dengan warna putih.

Baca juga: Mau Jajal Bus Listrik Gratis, Ada di Koridor Blok M - Balai Kota

Karyawan mengendarai bus listrik saat uji coba di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba dua bus listrik EV1 dan EV2 rute Balai Kota - Blok M dengan mengangkut penumpang.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Karyawan mengendarai bus listrik saat uji coba di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba dua bus listrik EV1 dan EV2 rute Balai Kota - Blok M dengan mengangkut penumpang.

Tipe K9, memiliki dimensi panjang 12 meter lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,3 meter. Sementara untuk baterainya, dari hasil penelurusan diketahui bus ini dilengkapi dengan motor listrik AC Synchronous Motor dan beterai BYD Iron-Phospate berkapasitas 324 kWh.

Untuk pengisian daya memakan waktu kurang lebih 4 jam, sementara daya jelahnya diklaim mencapai 250 km dengan kecepatan maksimal 70 kpj. Motor yang digunakan mampu menyuplai tenaga sebesar 300 kW dan torsi sebesar 1.100 Nm.

Sedangkan untuk BYD C6 sendiri, memiliki dimensi yang lebih kecil, yakni panjang 7.403 mm, lebar 2.140 mm, serta tinggi 3,4 mm. Untuk model ini dilengkapi dengan baterai Iron-phospate dengan kapasitas 135 kWh dan mampu terisi penuh dalam waktu 4 jam pengisian daya.

Dari segi kemampuan, C6 diklam memiliki kecepatan maksimal hingga 100 kpj. Sementara dari segi daya jelajah. dalam sekali pengisian penuh diklaim bisa menempuh jarak hingga 200 km.

Baca juga: Harga Bus Listrik MAB Buatan Demak Tembus Rp 4,5 Miliar

Karyawan melakukan pengecekan saat uji coba bus listrik di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba dua bus listrik EV1 dan EV2 rute Balai Kota - Blok M dengan mengangkut penumpang.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Karyawan melakukan pengecekan saat uji coba bus listrik di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba dua bus listrik EV1 dan EV2 rute Balai Kota - Blok M dengan mengangkut penumpang.

Selama operasi uji coba, Transjakarta akan mengoperasikan keduanya dari puluk 10.00 WIB - 20.00 WIB dengan jarak keberangkatan atau headway tiap 45 menit sekali.

Prosedur protokol kesehatan juga ikut dilakukan, seperti menyediakan hand sanitizer sampai membatasi jumlah penumpangnya.

Transjakarta uji coba dua bus BYDDok. Transjakarta Transjakarta uji coba dua bus BYD

Untuk Tipe K9, dari kapasitas 28 orang duduk dan 20 berdiri hanya diizinkan 25 orang selama pandemi. Sedangkan C6 yang mampu menampung 18 orang di pangkas hanya menjadi 11 orang saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com