Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doyan Motor Mainan, Honda X-ADV Dimodif Ala EZ-9

Kompas.com - 04/07/2020, 13:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


MILAN, KOMPAS.com - Jauh sebelum ada Honda X-ADV, Honda punya skutik adventure bernama EZ-9. Tapi skutik yang lahir era 90'an awal itu merupakan motor kecil dan lebih menyasar motor mainan atau hobi.

Melihat hal tersebut Deus Milano jadi punya ide membuat EZ-9 dengan versi lebih beringas. Proyek pun dimulai, tak tanggung-tanggung konsepnya yaitu mengubah X-ADV menjadi EZ-9 versi bongsor.

Iklan cetak Honda EZ-9Foto: Istimewa Iklan cetak Honda EZ-9

"Dalam beberapa hal EZ-9 hampir seperti mainan. Jadi kami memutuskan untuk bermain-main juga (mengubah X-ADV jadi EZ-9)," kata bos Deus Milano, Filippo Bassoli, mengutip BikeExif, Sabtu (4/7/2020).

Baca juga: Modifikasi Honda Monkey Berjantung 250cc 4-Silinder

Filippo mengatakan walau konsepnya jelas tapi pengerjaannya butuh kerja keras dan waktu yang lama. Bodinya memang dibuat sama seperti EZ-9, tapi yang sulit ialah membuatnya jadi lebih besar tapi proporsinya pas.

Honda X-ADV modifikasi Foto: BikeExif Honda X-ADV modifikasi

"Strukturnya tetap menggunakan garis yang sama, tetapi dalam format XXL. Butuh kerja keras ratusan jam, kami membangun model utuh untuk bisa mencetak fairing serat karbon," kata Filippo.

Agar mendapat proporsi yang sama dengan EZ-9, Filippo mengatakan harus ada beberapa bagian yang dihilangkan. Tapi kendalanya sistem mekanik dan elektronik di X-ADV sangat kompleks.

Baca juga: Vespa Excel 150, Motor Jadul tapi Makin Digemari

Seperti saat mengganti lampu depan dan dan butuh penyesuaian pada speedometer karena sistemnya berbeda. Tim juga memutuskan untuk mencopot fitur rem ABS untuk mengurangi bobot agar motor lebih lincah dikendarai.

Honda X-ADV modifikasi Foto: BikeExif Honda X-ADV modifikasi

"Sistem mekanik dan elektronik X-ADV sangat kompleks. Hampir mustahil untuk memodifikasinya. Kami memang menghapus sistem ABS, untuk memberi kami lebih banyak kebebasan untuk merancang fairing serat karbon," katanya.

Seperti diketahui, X-ADV merupakan skuter bongsor Honda bergenre adventure. Dibekali mesin 745cc menghasilkan 54 tk dan torsi 68 Nm. Motor dilengkapi Dual-Clutch Transmission (DCT) dan berbagai fitur lain sebagai skutik penjelajah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com