Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Kaki yang Benar Saat Mengendarai Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 23/06/2020, 15:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bertransmisi matik menawarkan kepraktisan dan kemudahan berkendara, yang tidak ada pada mobil bertransmisi manual. Hanya ada dua pedal untuk mengoperasikannya, yakni pedal gas dan pedal rem.

Namun, tak jarang ditemukan pengemudi mobil matik yang masih salah dalam memosisikan kakinya. Banyak yang menempatkan kaki kiri di pedal rem. Padahal, sangat disarankan untuk menggunakan hanya satu kaki saja dalam mengendarai mobil matik.

Baca juga: Jangan Malas Pindahkan Tuas Transmisi Mobil Matik, Sesuaikan Kondisi Jalan

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, menggunakan kaki kanan lebih aman. Sebab, pengemudi bisa merasakan tekanan yang dibutuhkan.

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

"Paling aman dengan satu kaki saja, yaitu kaki kanan. Ini karena pengemudi bisa merasakan feeling untuk mengontrol tekanan ke pedal gas dan pedal rem,” kata Jusri, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jusri menambahkan, penggunaan kaki kiri tidak disarankan untuk menginjak pedal rem karena takut terlalu kuat atau sukit untuk memperkirakan tenaga yang dibutuhkan.

Dikhawatirkan, saat ada objek di depan, mobil jadi berhenti mendadak, karena rem diinjak dengan keras. Hal ini dapat memicu terjadinya tabrakan dari belakang atau bahkan tabrakan beruntun.

Baca juga: Jangan Dipantengin, Mobil Matik Harus Pindah Gigi Rendah saat Menanjak

Penggunaan kaki kanan untuk mengoperasikan gas dan rem, tidak hanya berlaku bagi pengemudi pemula saja. Tapi, bagi yang terbiasa membawa mobil bertransmisi manual juga harus menerapkan kebiasaan yang sama.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), hal tersebut bertujuan agar lebih aman. Sebab, bila pakai dua kaki pada mobil matik, maka ada kemungkinan saat mengerem, kaki kanan masih menginjak pedal gas.

"Jika kaki kiri sudah memiliki kebiasaan untuk menginjak dengan cepat, seperti menginjak kopling, maka berbahaya bila kaki kiri di rem. Bisa saja kita menginjak pedal rem seperti kita menginjak pedal kopling, hingga menyebabkan mobil berhenti mendadak," ujar Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com