Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarangan Ganti Ukuran Ban Motor

Kompas.com - 20/06/2020, 17:39 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memodifikasi ban sepeda motor bisa dilakukan untuk meningkatkan penampilan. Namun jika motor digunakan untuk harian, ada batas wajar agar tetap nyaman digunakan.

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk., produsen ban IRC Dodiyanto mengatakan, jika mau ganti mengganti ke ukuran yang lebih lebar, disarankan 1 step ke atas.

“Misalnya pada bagian depan dari 110/70-17 ganti ke ukuran 120/70-17, begitu juga pada bagian belakang,” kata Dodiyanto saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/6/2020).

Baca juga: Jangan Panik, Begini Teknik Benar Lewati Tanjakan Curam

Ban Motor Pirelli Diablo Rosso Sport Ban Motor Pirelli Diablo Rosso Sport

Namun Dodiyanto mengatakan, jika ganti ban dengan yang lebih besar, akan memengaruhi akselerasi, kelincahan dan konsumsi bahan bakar. Kemudian jika ingin ganti lebih besar lagi, perlu ada penyesuaian pada komponen lain.

“Harus cek mentok atau enggak ban dengan suspensi rumah rem depan dan lain-lain. Pada bagian belakang, riskan mentok dengan suspensi, lengan ayung, dan bodi motor,” ucap Dodiyanto.

Baca juga: Mobil dengan Diskon Besar Belum Tentu Bisa Dongkrak Pasar

Pabrikan lebih menyarankan agar ganti dengan ukuran yang sama, jangan sampai ganti ukuran yang lebih kecil. Sebab, jika mengganti dengan ukuran yang lebih kecil, risikonya akan lebih besar.

“Kalau ganti ukuran yang lebih kecil, akan memengaruhi keselamatan dan kenyamanan pada saat menikung, mengerem, dan saat hujan pembuangan air tidak maksimal,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com