Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan buat Dandan, Ini Fungsi Tuas di Spion Tengah

Kompas.com - 19/06/2020, 14:53 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik mobil yang tidak paham akan kegunaan beberapa fitur pada kendaraanya. Padahal jika difungsikan bisa membantu pengemudi saat berkendara.

Misal, tuas kecil pada spion tengah yang terdapat pada beberapa jenis mobil. Meski selalu terlihat, masih banyak pengendara atau pemilik mobil yang belum paham akan kegunaannya.

Terutama bagi pengemudi wanita, yang tidak jarang memanfaatkan tuas tersebut untuk menyetel posisi spion saat berdandan sebelum turun dari mobil.

Lantas, apa sebenarnya fungsi dari tuas pada spion tengah dalam kabin?

Baca juga: Pengemudi Wajib Paham Soal Etika Menyalip Kendaraan, Ini Sebabnya

fungsi spion tengah pada kabins515i.com fungsi spion tengah pada kabin

Kepala Bengkel Auto2000, Cilandak, Suparna, mengatakan, fungsi utama tuas tersebut adalah untuk membantu meredam cahaya silau dari lampu kendaraan lain dibelakang.

“Saat kita berkendara di malam hari, terkadang pengemudi di belakang gemar memainkan lampu jauh atau high-beam. Dalam kondisi tertentu, ini bisa sangat mengganggu karena pantulan cahayanya bila masuk kabin, dan terpantul kaca spion tengah akan bikin silau,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: 5 Lokasi Layanan SIM Keliling di PSBB Transisi Jakarta

Guna menangkal silau dari pantulan lampu jauh mobil belakang, pengendara cukup menekan tuas kecil tersebut. Alhasil, pancaran sinar lampu yang masuk kabin akan dibiaskan dan membuat intesitas cahaya berkurang.

“Dengan begitu, pengendara tidak akan merasa terlalu silau, sebab pantulan sinarnya sudah direduksi terlebih dahulu di kaca belakang mobil,” lanjut Suparna.

Menurut Suparna, meski keberadaan tuas tesebut terlihat sepele, namun fungsinya sangat membantu dalam hal keselamatan berkendara karena menyangkut visibilitas pengemudi.

Rear view LCD spion tengahgoogle Rear view LCD spion tengah

Tuas ini umumnya terdapat pada mobil menengah ke bawah, kalau mobil menengah ke atas sudah menggunakan spion auto dimming rear view mirror, jadi otomatis meredup saat ada sinar berlebih, tidak manual pakai tuas lagi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com