Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Mengklaim Tidak PHK Karyawan di Indonesia

Kompas.com - 19/06/2020, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Group berencana untuk melakukan pemangkasan hingga 5.000 karyawan secara global sebagai respons terhadap penurunan permintaan kendaraan bermotor di tengah pandemi virus corona alias Covid-19.

Perampingan pekerja tersebut setidaknya berlangsung hingga kondisi pasar kembali pulih sediakala. Sehingga, pabrikan bisa menunaikan segala hak bagi pekerjanya sekaligus mencapai produktifitas yang efisien.

Menanggapi kabar ini, Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania memastikan bahwa keputusan tersebut tidak berlaku di Indonesia. Maka, dipastikan tidak akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) di Tanah Air.

Baca juga: Hanya Tersedia 30 Unit, MINI GT Edition Resmi Sambut Warga Indonesia

Pekerja menyelesaikan perakitan mobil All-new BMW X3 di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). The All-new BMW X3 xDrive20i rakitan dalam negeri ditawarkan dengan harga Rp 1,009,000,000,- off-the-road.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pekerja menyelesaikan perakitan mobil All-new BMW X3 di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). The All-new BMW X3 xDrive20i rakitan dalam negeri ditawarkan dengan harga Rp 1,009,000,000,- off-the-road.

"Pemutusan kerja itu dikarenakan adanya penutupan pabrik di Jerman sehingga berdampak langsung secara ekonomi dan pekerjanya. Di Indonesia, kita tidak melakukan hal serupa karena masih berkesinambungan," ujarnya, Kamis (18/6/2020).

Seperti diketahui, BMW Indonesia tidak memiliki pabrik produksi di Indonesia. Semua produk rakitan lokal alias completely knock down (CKD) memanfaatkan fasilitas produksi milik Grup Astra, PT Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara. Sedangkan sisa produk lainnya, diimpor utuh dari Jerman.

"Kami juga sudah siapkan berbagai strategi untuk bisa keluar dari krisis ini, serta tetap terus berinovasi menyambut new normal. Kami juga yakin bahwa pasar Indonesia bisa tumbuh," lanjut Jodie.

All New BMW X6 meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL All New BMW X6 meluncur di Indonesia

Beberapa strategi dan inovasi yang dilakukan BMW Group Indonesia untuk beradaptasi dengan kenormalan baru ialah, menjaga komunikasi melalui media sosial, penjualan dan pre-order secara daring, peluncuran produk secara virtual, hingga layanan service dan test drive ke rumah.

"Ketangguhan BMW sudah pernah dibuktikan dari krisis beberapa tahun lalu. Saat ini, kita tetap optimis menghadapi pandemi yang merupakan tantangan luar biasa bagi seluruh industri, tak hanya otomotif," kata Jodie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com