Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengemudi Newbie Wajib Tahu Teknik Push and Pull dan Hand Over

Kompas.com - 18/06/2020, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih banyak pengemudi newbie alias pemula di Indonesia. Buktinya, jumlah pembeli pertama mobil masih mendominasi total penjualan mobil baru di Indonesia.

Artinya, banyak juga pengemudi pemula yang baru bisa atau masih belajar mengemudikan mobil yang baik dan benar. Bicara pengemudi newbie, wajib tahu teknik kendali setir yakni push and pull dan hand over.

Pada dasarnya dua teknik mengolah setir ini, secara harafiah adalah metode tarik dan dorong (push and pull) dan menyilang (hand over).

Kedua teknik ini seharusnya bisa dikuasai oleh semua pengemudi. Penggunaan tekniknya pun berbeda-beda, tergantung dari kondisi jalan dan kecepatan kendaraan.

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, teknik olah kemudi hand over bisa digunakan saat berkendara di kecepatan rendah, lebih cocok untuk berbalik arah, tikungan tajam, dan parkir.

Baca juga: Banyak Tombol di Setang Motor Balap MotoGP, Apa Saja Fungsinya?

pegang setir yang benarKompas.com/Fathan Radityasani pegang setir yang benar

Teknik hand over bisa dilakukan pada kecepatan di bawah 25 kpj. Ketika mobil berjalan diatas 25 kpj, tangan tidak boleh menyilang diatas kemudi, bisa berbahaya. Tangan bisa patah jika airbag di setir mengembang ketika terjadi kecelakaan,” ucap Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Marcell menjabarkan bagaimana teknik hand over dilakukan. Pertama, bayangkan setir itu seperti jam, jika ingin belok kanan, tangan kanan mulai dari jam delapan kemudian tarik sampai jam enam.

“Sedangkan tangan kiri, mulai dari jam enam lalu dorong sampai jam empat. Terus lakukan hingga kemudi berbelok sesuai keinginan,” ucap Marcell.

Baca juga: Ragam Harga SUV Bekas Mulai Rp 70 Jutaan, Bisa Dapat Honda CR-V

Berbeda dengan hand over, teknik push and pull sebaiknya digunakan pada kecepatan yang lebih tinggi. Teknik push and pull lebih aman dilakukan ketika terlibat dalam kecelakaan karena airbag berfungsi dengan baik tanpa melukai tangan pengemudi.

Untuk teknik push and pull caranya, jika ingin belok ke kanan, tangan kanan pindah ke jam 12 dan menarik kemudi ke arah jam 6. Sedangkan tangan kiri mendorong kemudi dari jam 6 ke arah jam 12, begitu juga sebaliknya jika belok ke kiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com