Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Diesel Runaway, Mimpi Buruk buat Pemilik Mobil Diesel

Kompas.com - 14/06/2020, 13:45 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kendaraan pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, tidak terkecuali untuk mobil dengan mesin diesel.

Mobil diesel memang dinilai memiliki keunggulan torsi yang besar serti irit dalam konsumsi bahan bakar. Namun, ternyata ada salah satu masalah fatal yang bisa terjadi pada mesin diesel. Masalah tersebut adalah “diesel runaway”.

Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, mengatakan, diesel runaway adalah kondisi di mana mesin tak bisa atau tidak mau dimatikan meski kunci kontak sudah dicabut.

Baca juga: Perpanjangan SIM Bagi Pasien Positif Corona, Begini Caranya

Diesel runaway disebabkan oleh kerusakan pompa solar atau kerusakan ECU. Bisa juga karena adanya masalah lain yang menyebakan mesin menyedot solar dari bahan bakar secara tidak terkontrol, sehingga putaran mesin akan tinggi dengan sendirinya,” kata Didi kepada Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

Biasanya kondisi ini akan diikuti dengan kepulan asap putih yang tak kunjung hilang.

Ilustrasi polusi kendaraan, asap mobilSHUTTERSTOCK/ssuaphotos Ilustrasi polusi kendaraan, asap mobil

Didi melanjutkan, jika sudah demikian, tidak banyak yang bisa dilakukan. Sebab, jika salah penanganannya bisa berbahaya dan risikonya fatal.

“Kalau pengemudi mengalami hal ini sebaiknya segera parkir kendaraan di tempat yang aman, tarik rem tangan. Kemudian jika membawa penumpang, suruh semua penumpang keluar dari mobil, dan segera menjauh dari kendaraan. Tunggu sampai solar dalam tangki habis,” katanya.

Baca juga: New Normal, DFSK Kasih Pengecekan Gratis dan Diskon Komponen

Setelah solar habis, mesin akan mati dengan sendirinya, atau menunggu kerusakan sistem mekanikal lainnya yang membuat pasukan solar terhenti.

Menurut Didi, kejadian ini memang langka. Namun semua mobil yang menggunakan mesin diesel baik mobil biasa ataupun bus berpotensi mengalami hal tersebut.

Untuk itu, Didi menyarankan setiap pemilik mobil diesel harus memahami cara kerja mobilnya, sebab hidup dan matinya mesin diesel bergantung pada dua hal, yakni pasokan solar dan udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com