Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Virus Menyebar Melalui Sirkulasi Udara Mobil?

Kompas.com - 12/06/2020, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era new normal, tidak sedikit masyarakat yang sudah melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Berbagai sektor transportasi pun sudah normal kembali, salah satunya adalah taxi online.

Meksi demikian, berbagai protokol kesehatan tetap diterapkan untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut. Mulai dari menggunakan masker hingga sekat partisi antara driver dan penumpang.

Salah satu pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang dinilai cukup ampuh yaitu dengan berdiam di rumah. Pasalnya, bila beraktifitas menggunakan alat transportasi seperti mobil ternyata juga berpotensi jadi penyebaran virus tersebut.

Baca juga: Sudah Boleh Beroperasi, Penumpang Bus AKAP Masih Minim

Dokter umum Rumah Sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, mengatakan, penyebaran virus di dalam mobil bisa saja terjadi melalui droplet (air liur) yang menempel di bagian kabin, atau sirkulasi udara (AC mobil).

Ilustrasi sekat partisi di mobilInstagram Ilustrasi sekat partisi di mobil

Droplet bisa menyebar saat seseorang bernapas, berbicara, batuk dan bersin. Misal, penumpang yang terjangkit virus menaiki taksi online kemudian bersin di dalam mobil. Si penumpang tersebut memiliki peluang untuk menularkan ke orang lain yang berada di mobil atau yang naik mobil itu setelahnya” ujar Daniel saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Hanya Melayani Perpanjangan SIM A dan C

Hal ini bisa terjadi lantaran sirkulasi udara dalam mobil yang tidak keluar, hanya berputar di situ-situ saja.

Maka dari itu, Daniel mengimbau, baik pengemudi dan penumpang untuk selalu menggunakan masker dan membuka sedikit kaca mobil untuk filter udara saat naik taxi online.

Tidak lupa, Daniel juga mengingatkan bagi pengemudi maupun pengguna taxi online untuk selalu menjaga kebersihan diri dan terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Sebelum naik transportasi umum, sebaiknya mengelap terlebih dahulu handle pintu atau sesuatu yang ingin kita sentuh dengan menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol,” kata Daniel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com