Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skutik Usia 5 Tahun Lebih, Wajib Ganti Komponen Ini

Kompas.com - 25/05/2020, 11:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor saat ini sudah menjadi pilihan favorit bagi masyarakat yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Oleh sebab itu, biasanya saat motor memasuki usia lima tahun, ada beberapa komponen yang harus diganti.

Salah satunya adalah pelumas yang ada pada mesin dan komponen lainnya yang perlu dilakukan pergantian, mulai dari pelumas mesin, minyak rem, oli gardan, dan cairan radiator.

Selain itu, jika motor sudah mendekati atau bahkan melampaui 16.000 km atau 1,5 tahun sejak servis terakhir, perlu dilakukan penggantian saringan udara dan kampas rem depan dan belakang.

Baca juga: Bosan Dirumah? Yuk Lakukan Aktivitas Seru Ini saat Pandemi

Kepala Mekanik AHASS DAM, Wahyudin, mengatakan, di usia lima tahun, motor juga perlu untuk melakukan penggantian aki. Apalagi, jika sudah menempuh 30.000 km atau berusia tiga tahun.

V-Belt motor matikFoto: Honda DAM V-Belt motor matik

Komponen yang tak kalah penting untuk diganti adalah v-belt, sebaiknya setiap 24.000 km. V-belt ini ibarat rantai pada sepeda motor bebek atau sport,” ujar Wahyudin kepada Kompas.com.

Baca juga: Volume Tabung Reservoir Radiator Ternyata Punya Dampak Negatif

Jika sudah memasuki usia lima tahun, komponen mesin juga perlu diperhatikan. Biasanya, sudah ada komponen yang mulai melemah, seperti piston kit, velve kit, rantai mesin, seal-seal, gasket, dan lainnya.

Pada bagian CTV, Wahyudin menyarankan juga untuk mengganti bagian kampas kopling, pulley depan, dan pulley belakang.

“Penting juga untuk mengganti saringan pada pompa bahan bakar, agar saluran bahan bakar ke injektor tetap lancar,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com