Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Motor Kerap Dipakai Sebentar, Usia Oli Lebih Pendek?

Kompas.com - 23/05/2020, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sepeda motor jadi jarang terpakai. Sekalinya digunakan, biasanya hanya dipanaskan sebentar untuk dipakai ke mini market atau pasar, lalu kembali ke rumah.

Sebagian orang berpendapat bahwa kebiasaan tersebut dapat membuat usia oli mesin berkurang lebih cepat. Sebab, oli menjadi lebih cepat kotor karena tidak mencapai suhu optimal dan sisa pembakaran terkumpul di oli.

Baca juga: Ada Efek Samping jika Kelebihan atau Kekurangan Oli pada Motor

Rialdy Fasha, Training and Technical Engineer Motul Indonesia, mengatakan, sebenarnya tidak ada masalah jika motor digunakan walau hanya sebentar. Sebab, oli masih bekerja dengan baik.

Ganti Oli MotorFoto: Rideapart Ganti Oli Motor

"Asalkan, aktivitas tersebut rutin dilakukan atau minimal dua hari sekali kendaraan dijalankan atau dipanaskan," ujar Rialdy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Rialdy menambahkan, selama kendaraan rutin dipanaskan, oli bisa tahan lama samlai waktunya service berikutnya atau 6 bulan, sesuai buku pedoman pemilik kendaraan.

Baca juga: Hukum Girboks Skutik Pakai Oli Mesin

"Selama oli tidak ada perubahan unsur atau pengendapan, oli masih dalam kondisi baik. Mesin sudah cukup panas saat motor dipakai 10 menit hingga 15 menit. Ketika mesin sudah cukup panas, oli masih bekerja dengan baik," kata Rialdy.

Rialdy menjelaskan, yang menyebabkan kerusakan pada oli disebabkan karena teroksidasi. Kondisi tersebut biasanya salah satunya disebabkan pada mesin kendaraan yang tidak pernah atau jarang dipanaskan. Mungkin ketika satu bulan atau dua bulan lebih mesin tidak dipanaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com