Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Infrastruktur Jadi Harapan Baru Industri Kendaraan Niaga

Kompas.com - 22/05/2020, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan kendaraan niaga jadi salah satu sektor yang terkena dampak virus corona atau Covid-19. Mitsubishi Fuso mencatat pada Januari-April 2020, hanya meraih 9.628 unit atau menurun 28,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Duljatmono, Marketing Director Sales & Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mengatakan, penurunan terbesar kendaraan niaga dialami segmen Medium Duty Truck (MDT).

“Sampai dengan April, turun 54 persen. Jadi luar biasa MDT ini, pasar yang menggunakan MDT ini turun. Otomatis secara volume, kami pun sulit untuk menyerap kebutuhan pasar tadi,” ujar Duljatmono, dalam konferensi video (20/5/2020).

Baca juga: Mudik Lokal Dilarang, Patroli dan Pengawasan Diperketat

Mitsubishi Fuso hadirkan 9 varian baru truk FighterKompas.com/Setyo Adi Mitsubishi Fuso hadirkan 9 varian baru truk Fighter

Menurutnya selama pandemi, permintaan kendaraan niaga didominasi oleh segmen Light Duty Truck (LDT). Sebab hanya sektor usaha logistik yang masih diperbolehkan beroperasi, terutama pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Apalagi pemerintah berkomitmen akan terus mendorong pembangunan infrastruktur, hal ini yang memberikan harapan pada penjualan kendaraan niaga bisa bangkit pada semester kedua.

“Mudah-mudahan nanti setelah pandemi selesai, MDT ini bergerak lagi. Peluangnya ada infrastruktur, sebab infrastruktur adalah sektor bisnis yang bisa mendorong kebutuhan kendaraan MDT,” kata Duljatmono.

Baca juga: Jangan Biasakan Menyetir Nyeker, Norak dan Berbahaya!

Personel Polres Cianjur, Jawa Barat, melakukan pengawalan kendaraan angkutan sembako yang akan keluar Cianjur untuk mencegah aksi bajing loncat.Dok: Polres Cianjur Personel Polres Cianjur, Jawa Barat, melakukan pengawalan kendaraan angkutan sembako yang akan keluar Cianjur untuk mencegah aksi bajing loncat.

Ia juga mengatakan, sektor bisnis logistik bisa makin meningkat perkembangannya apabila masa PSBB di sejumlah kota berakhir. Kondisi ini turut memicu permintaan kendaraan di segmen MDT.

“Begitu pandemi selesai, demand logistik meningkat lebih besar lagi. Dan tentu akan membutuhkan kendaraan-kendaraan di kelas MDT yang dibutuhkan pasar,” ucap Duljatmono.

“Kemudian bisnis tambang, termasuk batubara, bauksit, nikel, dan sebagainya akan mengikuti. Sebab saat ini memang sedang mengalami situasi yang sangat berat, sehingga segmen ini terkena dampaknya,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com