Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Coba Rangsang Konsumen Secara Daring

Kompas.com - 22/05/2020, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak dari pandemi virus corona (Covi-19) ternyata membuat penjualan mobil secara online atau daring mengalami peningkatan. Upaya ini seakan menjadi tren baru di tengah banyaknya aktivitas masyarakat yang mulai dibatasi.

Melihat adanya peluang tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) pun mencoba merangsang pasar dengan menawarkan program kemudahan dalam memiliki mobil baru secara daring. Bahkan Honda juga turut menggandeng beberapa situs jual beli online (e-commerce) untuk memudahkan calon konsumen.

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy mengatakan, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa kota besar di Indonesia ternyata ikut mendongkrak gaya pembelian mobil Honda secara daring.

Baca juga: Honda Brio Salip Toyota Avanza di Penjualan April 2020

"Bila pada akhir 2019 lalu tercatat masih 5 persen, di April 2020 jumlah pembelian mobil Honda secara online sudah sekitar 20 persen," ucap Yusak dalam keterangan resminya, Kamis (21/5/2020).

Honda BR-V saat memasuki kawasan pantai di daerah Rembang, Jawa Tengahkompas.com Honda BR-V saat memasuki kawasan pantai di daerah Rembang, Jawa Tengah

"Peningkatan pembelian mobil secara online antara lain dipengaruhi pembatasan aktivitas konsumen di luar rumah serta perilaku konsumen yang semakin terbiasa melakukan belanja secara online," kata dia.

Dari sigi karakteristik konsumennya, Yusak mengatakan kebanyakan berasal dari orang yang sebelumnya memang sudah memiliki mobil Honda, atau repeat order. Namun demikian, tidak sedikit juga konsumen baru yang ikut muncul.

Tren penjualan mobil secara daring diprediksi Yusak akan terus meningkat ke depannya, terutama ketika sudah memasuki era normal yang baru atau akrab disebut-sebut "new normal".

Sejalan dengan itu, Honda pun telah meluncurkan program "Beli Honda di Rumah Aja" yang menawarkan banyak keuntungan bagi konsumen. Program ini dengan mudah bisa diakses melalui situ resmi Honda, laman diler, dan berbagai jalur online lainnya.

Mengenal logo Honda RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mengenal logo Honda RS

Baca juga: Sebelum Harga Naik, Ini Gimik Mitsubishi di Tengah Pandemi

Untuk pembelian Honda Mobilio dan BR-V secara daring, konsumen akan mendapatkan gratis cicilan sebanyak tiga bulan. Selain itu, ada juga bonus berupa gratis biaya perawatan berkala, baik jasa dan suku cadang hingga 50.000 km atau 4 tahun bagi pembelian Mobilio, BR-V, CR-V, Jazz, Brio, HR-V.

Honda juga ikut membuka official store di Tokopedia dan Blibli. Masing-masing menawarkan program penjualan yang cukup menguntungkan bagi calon konsumen yang tertarik ingin memiliki produk Honda.

Pada aplikasi Blibli, pengunjung dapat melihat informasi lengkap mengenai produk dan program penjualan terbaru serta memilih diler terdekat. Pembelian yang dilakukan akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa diskon 2 persen atau maksimal Rp 2 juta pada semua model mobil Honda.

Baca juga: Toyota Sienna Resmi Meluncur, MPV Baru Berbasis Camry

Sales promotion girl berpose di samping Honda CR-V generasi terbaru saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Sales promotion girl berpose di samping Honda CR-V generasi terbaru saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Sementara untuk calon konsumen yang membeli di Tokopedia, akan mendapatkan diskon 2 persen atau maksimal sebesar Rp 5 juta .

"Konsumen yang melakukan pembelian mobil melalui Blibli dan Tokopedia juga mendapatkan bonus yang sama yang berlaku untuk program Beli Honda di Rumah Aja. Seluruh program berlaku di seluruh dealer Honda di Indonesia selama periode bulan Mei dan Juni 2020," ucap Yusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com