Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Ketok Magic Pakai Ilmu Gaib?

Kompas.com - 13/05/2020, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBodi mobil setelah kecelakaan atau tabrakan, akan mengalami kerusakan. Kerusakan pada bodi pun beragam, ada yang penyok halus, berat, bahkan bumper sobek. Salah satu cara untuk memperbaiki bodi tersebut menjadi mulus lagi yaitu dengan ketok magic.

Mitos yang dimiliki oleh masyarakat awam yaitu pengerjaan ketok magic yang menggunakan kekuatan supranatural, bukan kemampuan dari manusia.

Anggapan ini muncul karena ketika perbaikan bodi mobil dilakukan, pemilik kendaraan yang tidak boleh melihat proses dari ketok magic. Selain itu, perbaikan yang dilakukan biasanya relatif singkat dalam hitungan menit atau jam saja.

Baca juga: Catat, Ini 2 Kesalahan Pengemudi Mobil Transmisi Matik

pengerjaan ketok magicKompas.com/Fathan Radityasani pengerjaan ketok magic

Menurut Supri, pemilik dari bengkel ketok magic Pak Haji Supri yang berada di Kalibata, Jakarta Timur, pengerjaan ketok magic oleh pegawainya adalah murni kemampuan dari sesorang, tidak menggunakan kekuatan supranatural.

“Enggak ada itu pakai ilmu gaib. Kemampuan tukangnya saja kalau pengalaman lima tahun juga belum dihitung ahli, jadi ya semuanya skill dari tukangnya,” ucap Supri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pilihan Mobkas Rp 50 Jutaan, Dapat Karimun hingga Kijang Kapsul

Untuk pengerjaan yang ditutup-tutupi dari pemilik kendaraan memang pernah dilakukan, namun sekarang pemilik boleh melihat langsung pengerjaan yang dilakukan oleh bengkel ketok magic.

“Dulu memang pernah pemilik enggak boleh lihat pengerjaannya, itu juga karena menjaga rahasia bengkel agar tidak ditiru oleh pesaing. Kalau sekarang boleh saja dilihat oleh pemilik, bahkan di foto juga tidak masalah,” kata Supri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com