Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Bawa Pemudik, Sopir Travel Gelap Bisa Dipenjara | Nissan Kicks Bernapaskan GT-R

Kompas.com - 03/05/2020, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Praktik travel gelap yang mengangkut para pemudik semakin marak, di tengah larangan mudik oleh pemerintah.

Bahkan, praktik ilegal dengan membawa pemudik agar bisa pulang ke kampung halamannya ini dilakukan secara terang-terangan melalui media sosial Facebook.

Selain melanggar aturan mudik, para sopir yang mengendarai mobil dan mengangkut penumpang juga melanggar aturan karena tidak mengantongi izin.

Informasi menarik lainnya, yakni tentang Nissan yang sedang menyiapkan Kicks namun bernapaskan mobil sport legendarisnya, GT-R.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu 2 Mei 2020:

1. Nekat Selundupkan Pemudik, Sopir Travel Gelap Bisa Dipenjara

Sebuah mobil dijadikan travel gelap membawa penumpang rute Jakarta-Tasik saat PSBB ditangkap tim gabungan TNI, Polri di Pos Penjagaan Perbatasan Mangin, Kota Tasikmalaya, Kamis (30/4/2020) dini hari.KOMPAS.com/IRWAN NUGRAHA Sebuah mobil dijadikan travel gelap membawa penumpang rute Jakarta-Tasik saat PSBB ditangkap tim gabungan TNI, Polri di Pos Penjagaan Perbatasan Mangin, Kota Tasikmalaya, Kamis (30/4/2020) dini hari.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( LLAJ).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, bahwa travel gelap ini memanfaatkan mobil pribadi untuk mengangkut penumpang.

"Mereka ini bukan angkutan, tetapi mobil pribadi yang digunakan seperti travel sehingga tidak mempunyai izin,” katanya ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (1/5/2020).

Baca juga: Nekat Selundupkan Pemudik, Sopir Travel Gelap Bisa Dipenjara

2. Sewa Travel Gelap Jadi Modus Baru Pemudik untuk Kelabuhi Polisi

Mobil Daihatsu Grandmax yang dipakai travel gelap selama masa PSBB diamankan di Mako Polres Tasikmalaya Kota, Jumat (1/5/2020).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Mobil Daihatsu Grandmax yang dipakai travel gelap selama masa PSBB diamankan di Mako Polres Tasikmalaya Kota, Jumat (1/5/2020).

Larangan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah, ternyata tidak serta merta membuat para perantau bersedia tetap tinggal di tempat mereka selama ini mencari nafkah.

Tidak sedikit yang nekat berusaha untuk pulang kampung dengan melakukan berbagai cara. Salah satunya, yakni dengan menumpang travel ilegal yang akhir-akhir ini banyak beroperasi.

Praktik ilegal ini juga didapati oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang berhasil menggagalkan penyelundupan pemudik dengan menggunakan jasa travel gelap.

Baca juga: Sewa Travel Gelap Jadi Modus Baru Pemudik untuk Kelabuhi Polisi

3. Yamaha XSR155 Flattracker, Tampilan Futuristis dengan Aura Klasik

Yamaha XSR155 Flat Tracker garapan Katros GarageIstimewa Yamaha XSR155 Flat Tracker garapan Katros Garage

Yamaha XSR155 bisa dibilang sebagai motor yang cocok untuk dijadikan bahan pembuatan motor custom. Untuk itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menantang beberapa builder untuk meng-custom motor tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com