Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan dan Kekurangan Mesin Inline 4 dan V4 di MotoGP

Kompas.com - 29/04/2020, 16:36 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP merupakan ajang balap motor paling bergensi di dunia. Tak pelak peraturan di kejuaraan ini sangat kerat. Termasuk pilihan mesinnya, karena hanya ada dua yaitu Inline 4 dan V4.

Mesin Inline 4 dipakai oleh Yamaha dan Suzuki. Sesuai namanya, konfigurasi mesin atau 4 silinder segaris artinya artinya mesin punya empat silinder, yang semuanya berbaris sejajar satu arah.

Baca juga: Pakai Mesin Turbo, Ini Dia Suzuki Jimny Paling Bertenaga di Dunia

Adapun mesin V4 lebih favorit, beberapa pabrikan yang memakai mesin V4 ialah Honda, Ducati, Aprilia dan KTM. Konfigurasinya berbentuk huruf ''V'' dengan dua silinder di depan dan dua di belakang.

Lantas apa keunggulan dan kekurangan masing-masing?

Konfigurasi mesin Inline 4 membuat mesin lebih lebar ke samping. Tapi juga ruang mesin lebih lega karena mesinnya lebih kecil. Keunggulan lainnya yaitu jumlah komponen yang lebih sedikit.

Adapun mesin V4 lebih ramping tapi memakan ruang lebih banyak karena ada dua silinder terpisah. Model ini juga punya komponen lebih banyak ketimbang Inline 4.

Perbedaan tersebut akhirnya berdampak pada beberapa hal. Salah satunya posisi air box dan bentuk knalpot.

Beda mesin Inline 4 dan V4 MotoGP Beda mesin Inline 4 dan V4 MotoGP

Pada mesin Inline 4 posisi air box dan sistem exhaust alias knalpot lebih mudah karena semua silinder menghadap arah yang sama. Sedangkan pada mesin V4 posisi air box dan sistem exhaust lebih rumit.

Perbedaan desain mesin ini juga berdampak pada dimensi bodi dan aerodinamika yang dihasilkan. Selain itu efeknya juga terletak pada perbedaan titik berat motor dan stabilitas motor di tikungan.

Karena itu tiap mesin memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Tiap pabrikan pun memiliki alasan tersendiri kenapa memilih konfigurasi tertentu, apakah itu Inline 4 atau V4 dengan berbagai pertimbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com