Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Harrier Terbaru dengan TNGA Muncul, Meluncur Juni 2020

Kompas.com - 14/04/2020, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Generasi terbaru Toyota Harrier muncul dengan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA) di Jepang, Senin (13/4/2020). Sport utility vehicle (SUV) perkotaan ini pertama kali melakukan debut pada 1997 dan kembali hadir dengan ubahan total, siap meluncur Juni 2020.

Secara global, SUV yang saat ini berusia 23 tahun itu juga memiliki kembaran Lexus RX. Dilansir dari Motor1, jika Lexus RX generasi keempat didasarkan pada basis Toyota K, Harrier terbaru telah mendapat peningkatan dengan platform TNGA-K.

Situs Toyota Global telah mengungkap bahwa sasis ini membuat Harrier sedikit lebih besar dari generasi sebelumnya. Secara dimensi, SUV ini berukuran 4.740 mm x 1.855 x 1.660 (PxLxT), serta dengan wheelbase 2.690 mm.

Baca juga: Terapkan PSBB, Ini 10 Lokasi Razia Kendaraan di Bogor

 

Ilustrasi Toyota Harrier generasi keempatToyota Global Ilustrasi Toyota Harrier generasi keempat

Platform baru TNGA memungkinkan all new Toyota Harrier ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Mesin pertama berkapasitas 2.487 cc berkode A25A-FXS 4-silinder berteknologi hybrid, sanggup menghasilkan tenaga 120 ps dan torsi 221 Nm.

Pilihan berikutnya, yaitu mesin M20A-FKS 4-silinder 1.986 cc N/A dengan tenaga 171 PS dan torsi 207 Nm. Kedua mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT, serta pilihan sistem penggerak 4WD.

Harrier terbaru juga akan hadir dengan sistem keselamatan mutakhir, berupa Toyota Safety Sense. Fitur keselamatan pra-tabrakan ini dapat mendeteksi pejalan kaki maupun pengendara sepeda, baik pada siang maupun malam hari.

Baca juga: Perdana Balapan Virtual MotoGP, Rossi Finis Posisi Tujuh

 

Ilustrasi Toyota Harrier generasi keempatToyota Global Ilustrasi Toyota Harrier generasi keempat

Tak ketinggalan juga Intelligent Clearance Sonar dengan Parking Support Brakes yang akan membantu mobil dalam mengenali objek yang melaju di kecepatan rendah. Fitur ini bakal berguna, terutama saat Harrier melakukan parkir.

Beralih ke interior, tersedia layar infotainment dengan layar sentuh berukuran 12,3 inci. Fasilitas ini akan memanjakan penumpang dengan berbagai fitur canggih, serta hiburan dengan suara yang baik dari 9 buah speaker JBL.

Pada Harrier versi Hybrid, Toyota juga menyematkan colokan listrik 1.500 watt 100 V (AC) yang dapat dipakai untuk kebutuhan listrik rumah tangga, sekaligus pembangkit listrik darurat saat mati listrik.

Besar kemungkinan bahwa Toyota Harrier akan diluncurkan pertama kali di Jepang pada Juni mendatang. Meski begitu, sampai saat ini belum ada informasi lebih detail perihal harga jualnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com