Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorna Mulai Pesimistis MotoGP Musim 2020 Bisa Bergulir

Kompas.com - 08/04/2020, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Dorna Carmelo Ezpelata menyebutkan MotoGP musim ini mustahil untuk dimulai jika vaksin untuk Covid-19 atau virus Corona belum ditemukan. Dia pun mulai pesimistis bisa menggelar balapan musim ini.

"Tanpa vaksin, meskipun jika kehidupan sudah mulai berjalan sedikit normal, perjalanan ke daerah lain tetap akan dilarang di semua negara," ujar Ezpelata, dikutip dari Speedweek.com.

Baca juga: Mugello dan Catalunya Resmi Diundur, ini Jadwal MotoGP 2020 Terbaru

Menurutnya, tidak mungkin untuk banyak orang berkumpul menyaksikan pertandingan sepak bola atau MotoGP.

Pebalap MotoGP saat bersaing di sirkuit Buriram, Thailand. (Photo by Lillian SUWANRUMPHA / AFP)LILLIAN SUWANRUMPHA Pebalap MotoGP saat bersaing di sirkuit Buriram, Thailand. (Photo by Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

"Saya tidak begitu yakin kita bisa menjalankan MotoGP 2020. Meskipun kita terus bekerja keras, kita tetap mempertimbangkan semua solusi yang memungkinkan," kata Ezpelata.

Ezpelata menambahkan, meskipun tahun ini hanya bisa menggelar beberapa seri saja, MotoGP tetap akan diadakan. Bahkan, ketentuan yang menyebutkan satu musim minimal harus ada 13 seri juga mendapat pengecualian.

Baca juga: Jadwal MotoGP Terus Mundur, Dorna Bantu Tim Satelit Tetap Gajian

"Jika kita hanya punya sedikit seri, saya tidak khawatir. Kita akan tetap memilih untuk mengadakannya. Jika kita bisa mengulang kejuaraan ini, kita akan melakukannya. Tidak peduli berapa jumlah serinya," ujar Ezpelata.

Masih ada lima bulan hingga September, jika bisa dimulai pada September nanti, MotoGP masih bisa berjalan sekitar empat atau lima seri.

"Kita bisa membalik kalendernya, mungkin menggelar beberapa seri di Eropa dan lalu beralih ke Asia jika larangan bepergian di sana sudah mereda," kata Ezpelata.

Suasana penonton di sirkuit Mugello, Italia, saat menonton MotoGP. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)VINCENZO PINTO Suasana penonton di sirkuit Mugello, Italia, saat menonton MotoGP. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)

Sekarang, situasinya tergantung dari perkembangan dunia. Jika Dorna melihat ada kesempatan, maka MotoGP akan digelar dengan jumlah seri sebanyak mungkin.

"Bagaimana pun juga, penting untuk menjamin keamanan dan kesehatan semua orang yang terlibat. Jika seseorang terinfeksi di salah satu seri yang kami adakan, kami akan disalahkan selamanya," ujar Ezpelata.

Menurut Ezpelata, MotoGP masih bisa bertahan meskipun kejuaraan di musim ini dibatalkan. Dorna sekarang juga memiliki prioritas untuk membantu tim satelit secara finansial setiap bulannya agar bisa bertahan melewati musim ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com