Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasati WFH, Bisa Mulai dengan Merencanakan Touring

Kompas.com - 04/04/2020, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pencinta roda dua mungkin sudah gatal ingin melakukan perjalanan jarak jauh alias touring. Sayangnya, kegiatan tersebut tidak memungkinkan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 sekarang ini.

Setiap warga diminta untuk tidak bepergian dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Sudah lebih dari dua pekan WFH dan situasi ini diperpanjang sampai wabah virus corona menghilang.

Baca juga: Bersihkan Helm dari Sisa Lem Action Cam Bisa Atasi Bosan saat WFH

Arbi Darmawan, dari divisi touring Honda MegaPro Club (HMPC) Jakarta, mengatakan, untuk menyiasati WFH, tidak ada salahnya melakukan persiapan untuk touring. Optimistis saja wabah ini akan segera berakhir.

PCX Luxurious Touring PCX Luxurious Touring

"Bisa dimulai dari mencuci perlengkapan berkendara, mulai dari helm, sarung tangan, celana touring, sepatu touring, hingga motornya sekalian," ujar Arbi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Arbi menambahkan, mesin juga perlu dilakukan perawatan. Meski sekarang ini jarang atau bahkan tidak pernah digunakan, tidak ada salahnya jika diganti olinya, saringan udara, dan busi. Menurut Arbi, semua itu masih bisa dilakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Maksimalkan WFH, Servis Mobil Wuling Bisa di Rumah Saja

"Selanjutnya, baru mulai rencana perjalanannya. Tentukan tujuan touring ke mana, mulai cari tahu ada apa saja di sana. Tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi atau mungkin wisata kuliner," kata Arbi.

Arbi mengatakan, lebih baik merencanakan dengan matang dari sekarang. Jadi, ketika wabah virus corona sudah menghilang, perjalanan atau touring bisa segera dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com