Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Virus Corona, Lakukan Ini Usai Berkendara Sepeda Motor

Kompas.com - 04/04/2020, 07:22 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan diri di saat pandemi corona, wajib dilakukan oleh siapa pun. Termasuk saat melakukan aktivitas di dalam rumah maupun di luar.

Termasuk setelah melakukan perjalanan atau rutinitas sehari-hari menggunakan sepeda motor.

Meskipun sudah menggunakan masker atau pun sarung tangan, bukan berarti bisa begitu saja melupakan potensi penyebaran virus mematikan tersebut.

Bahkan perilaku bersih dengan menjaga kebersihan kendaraan wajib dilakukan baik sebelum maupun sesudah menggunakannya.

Dokter umum di Solo, Sumartono Karjo mengatakan, saat berkendara menggunakan sepeda motor relatif aman dari virus covid-19, apalagi perjalanan dilakukan di siang hari.

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Wajib Pakai Masker Saat Naik Motor

Akan tetapi, menurutnya menjaga kebersihan terutama pada tangan merupakan hal wajib yang tidak boleh dilupakan.

Ilustrasi menggunakan maskerdiego_cervo Ilustrasi menggunakan masker

“Secara teoritis masih aman, apalagi berkendara di siang hari. Sebetulnya cuma menjaga jarak dari orang lain, sahabat sekalipun, tetap menjaga kebersihan tangan dan benda yang sering dipegang,” katanya kepada Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Mantan Direktur RSUD Ngipang, Solo, Jawa Tengah itu menyarankan, agar setelah melakukan aktivitas di luar rumah agar langsung mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh benda lain.

“Sesampai di rumah selalu berpikir seolah tubuh kita ini penuh virus, jadi baju, sepatu dan lainnya ditaruh di tempat yang aman. Setelah itu mandi pakai baju yang bersih baru memulai kegiatan,” ucapnya.

Baca juga: Amankah Berkendara Motor di Tengah Maraknya Penyebaran Virus Corona?

Selain itu, Sumartono juga menyarankan, agar menyemprotkan disinfektan ke benda-benda yang sering dipegang atau digunakan.

Bahkan, pada sarung tangan atau sepatu yang dipakai untuk beraktivitas. Menurutnya, dengan tetap menjaga kebersihan benda-benda tersebut maka bisa mencegah dari penyebaran virus corona.

Ilustrasi mencuci tanganhxdbzxy Ilustrasi mencuci tangan

“Menyemprotkan disinfektan ke benda mati bagus, termasuk pada sarung tangan dan sepatu. Saya saya kalau baru menerima uang saya semprot menggunakan disinfektan dan biarkan selama 5-10 menit baru saya masukkan,” katanya.

Salah satu dokter yang bertugas di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surakarta, Arina Hidayati juga menyarankan, agar baju yang baru saja dipakai untuk berkendara atau beraktivitas di luar rumah jangan digantung.

Baca juga: Perlu atau Tidak Bersihkan Setir Mobil Pakai Disinfektan?

“Jangan menggantung baju yang telah dipakai, lebih baik langsung dicuci. Jangan pegang benda apapun, jangan bersandar dan langsung ganti baju, cuci tangan, kaki dan muka kalau perlu mandi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com