Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Polisi Simulasi Karantina Wilayah | Pemprov DKI Kaji Larangan Kendaraan Pribadi

Kompas.com - 31/03/2020, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah sudah mulai melakukan simulasi karantina, untuk mengurangi pencemaran virus Covid-19 atau Corona. Polisi dan instansi terkait lainnya akan membatasi akses kelur dan masuk kendaraan.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya lagi Pemprov DKI Jakarta juga mulai mengkaji larangan kendaraan pribadi.

Baca juga: Antisipasi Karantina Wilayah, Polda Metro Jaya Lakukan Simulasi Lalin Lewat Pemetaan

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Senin 30 Maret 2020:

Petugas dari Polrestabes Medan, Dinas Perhubungan Kota Medan menyusun water barrier di ruas Jalan Djamin Ginting - Dr. Mansyur pada Sabtu (28/3/2020) pagi tadi. Sebanyak 12 ruas jalan di Kota Medan ditutup untuk membatasi mobilisasi masyarakat ke dalam kota dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Kemungkinan besar akan ada penambahan ruas jalan yang akan ditutup.Istimewa Petugas dari Polrestabes Medan, Dinas Perhubungan Kota Medan menyusun water barrier di ruas Jalan Djamin Ginting - Dr. Mansyur pada Sabtu (28/3/2020) pagi tadi. Sebanyak 12 ruas jalan di Kota Medan ditutup untuk membatasi mobilisasi masyarakat ke dalam kota dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Kemungkinan besar akan ada penambahan ruas jalan yang akan ditutup.

1. Polisi Simulasi Karantina Wilayah, Tutup Akses Jalan Keluar Masuk Jakarta

Polda Metro Jaya bakal menggelar simulasi mengenai karantina wilayah di DKI Jakarta. Hal ini tertuang dalam surat telegram nomor STR/414/III/OPS.2./2020.

Salah satu poinnya adalah berisi mengenai penutupan jalan atau jalur tol yang keluar atau masuk ke Jakarta.

Serta penutupan di titik desa, kampung, jalan kecil yang digunakan sebagai akses keluar masuk ke Jakarta.

Ketika mengkonfirmasikan hal ini, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, membenarkan hal itu. Namun dia menegaskan bila kegiatannya hanya berupa simulasi.

Baca juga: Polisi Simulasi Karantina Wilayah, Tutup Akses Jalan Keluar Masuk Jakarta

Kendaraan water canon digunakan untuk menyemprot disinfektan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Kendaraan water canon digunakan untuk menyemprot disinfektan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020).

2. Ada Bahaya Cairan Disinfektan pada Kendaraan Bermotor

Untuk menekan penyebaran virus corona atau covid-19, berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan penyemprotan cairan disinfektan di fasilitas umum. Selain itu, penyemprotan juga dilakukan oleh sebagian warga, bahkan sampai di komplek perumahan pada berbagai wilayah Ibu Kota.

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan juga pada beberapa kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Sebab, menurut penelitian, virus Corona bisa bertahan hidup di benda mati selama beberapa jam.

Penyemprotan ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti di Jawa Tengah, penyemprotan cairan disinfektan di lakukan menggunakan kendaran water canon Brimob.

Sementara untuk di Ibukota Jakarta, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan mengunakan drone dan spray darat yang dilaksanakan oleh personel gabungan Pemprov DKI Jakarta.

Selain itu, para pemilik kendaraan juga mulai banyak yang melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada interior mobil demi mencegah penyebaran virus covid-19.

Baca juga: Ada Bahaya Cairan Disinfektan pada Kendaraan Bermotor

3. Viral Video Penutupan Tol Jakarta Tangerang, Ini Penjelasan Jasa Marga

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com