Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Tidak Punya Kick Starter Harus Rajin Dipakai, Ini Alasannya

Kompas.com - 30/03/2020, 15:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan zaman membuat sepeda motor mulai meninggalkan kick starter dan hanya mengandalkan starter electric. Di satu sisi hal ini membuat motor sangat bergantung dengan aki.

Jajaran motor Honda, beberapa skutik baru sudah tidak dilengkapi kick starter seperti Honda Vario 150, PCX150 dan ADV 150, yang memang memakai basis mesin serupa.

Baca juga: Alasan Kenapa Jarak Servis Pertama Mobil Baru Lebih Cepat

Begitupun dengan Yamaha, produsen motor dengan jargon "Semakin Di Depan" itu juga sudah tidak membenamkan kick starter di skutik andalan Yamaha Nmax.

Yamaha NMAX 155 Connected/ABSKompas.com/Donny Yamaha NMAX 155 Connected/ABS

Bahkan bukan hanya skutik saja yang kini tidak punya engkol. Kawasaki W175 contohnya, motor batangan alias motor laki bergaya retro klasik itu pun sudah menanggalkan starter engkol.

Pada Honda, peran kick starter kini mulai digantikan dengan indikator tegangan aki atau voltmeter di panel instrumen.

Adanya voltmeter membuat pengendara dapat tahu berapa tegangan aki setiap saat. Jika voltmeter menujukkan tegangan aki dibawah 12 Volt, segera lakukan pengecekan jika perlu diganti.

Kawasaki W175 TRFoto: Yudi Maleha Kawasaki W175 TR

Baca juga: Cegah Perluasan Corona, Bus AKAP Terancam Setop Beroperasi

Asep Suherman Kepala Bengkel AHASS Cibinong dan Megamendung, Bogor, Jawa Barat, mengatakan, agar aki awet maka usahakan motor dipakai secara rutin.

"Sehingga jika baterai sudah kurang tegangannya akibat penyimpanan atau jarang digunakan akan terisi full kembali. Karena jika motor dihidupkan akan ada penyuplaian arus yang berfungsi sebagai pengisian arus ke baterai," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com