Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Starlet Mau Hidup Lagi?

Kompas.com - 30/03/2020, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota sepertinya tengah menyiapkan mobil baru yang bakal mengisi segmen subcompact hatchback. Rencana ini terlihat dari foto-foto spyshot mobil seukuran Yaris yang tengah diuji coba di wilayah bersalju.

Toyota Eropa baru-baru ini memang telah mengumumkan bakal meluncurkan crossover atau SUV B-Segmen yang berada di bawah C-HR.

Mobil ini menggunakan platform TNGA yang sudah dipakai Yaris generasi terbaru. Dengan panjang sekitar empat meter, mobil ini bakal jadi pesaing Nissan Kicks maupun Renault Captur di segmen crossover B-segmen.

Baca juga: Hari Ini Balapan MotoGP Virtual Dimulai, Tanpa Kehadiran Rossi

Sketsa dari Toyota Yaris versi Crossover yang rencananya diperkenalkan akhir 2020Motor1 Sketsa dari Toyota Yaris versi Crossover yang rencananya diperkenalkan akhir 2020

Dilansir dari Autoevolution, hatchback ini diyakini sesuai dengan siluet gambar yang pernah dirilis Toyota sebelum pameran Geneva Motor Show 2020, yang kemudian batal meluncur karena Covid-19.

Crossover ini kabarnya bakal dipasarkan di Eropa hingga Asia, tempat di mana pasar SUV tengah berkembang.

Urusan dapur pacu, besar kemungkinan mobil ini akan mendapat mesin 1.5 liter hybrid dan non hybrid. Sementara transmisinya tersedia dalam pilihan CVT atau manual 6-percepatan.

Baca juga: Amankah Semprot Kabin Mobil dengan Cairan Disinfektan?

Calon SUV Baru Berbasis Toyota Yarisautoexpress.co.uk Calon SUV Baru Berbasis Toyota Yaris

Di Jepang, Toyota akan menawarkan crossover baru ini dalam sistem penggerak AWD e-Four sebagai opsi.

Menariknya, transfer energi ke roda belakang katanya tidak menggunakan as kopel. Melainkan menggunakan motor listrik kecil yang ditempatkan di tengah-tengah suspensi belakang double wishbone.

Sementara soal nama crossover ini, Toyota memang belum merilis secara resmi infonya. Namun desas-desus yang beredar, ada kemungkinan mobil ini menggunakan nama ‘Starlet’.

Baca juga: Trik Mudah Hindari Jok Motor Dicakar Kucing

Ilustrasi Toyota Starlet KotakGridOto.com Ilustrasi Toyota Starlet Kotak

Laman Autoindustriya mengatakan, nama Starlet kembali dipatenkan Toyota sebagai langkah untuk menjaga aset mereka.

Sampai saat ini kebangkitan Starlet belum dapat dipastikan, namun Toyota terakhir menggunakan nama ini pada akhir 1990-an, sebelum akhirnya peran subcompact hatchback diambil alih Yaris.

Dan seandainya crossover baru Toyota benar-benar menggunakan nama tersebut, rasanya hal ini akan menjadi sebuah kejutan bagi fans Starlet di mana saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com