Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mudah Hindari Jok Motor Dicakar Kucing

Kompas.com - 29/03/2020, 10:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor parkir di garasi bukan berarti tidak bisa terkena masalah. Tak jarang motor parkir justru jadi tempat cakaran kucing, dan jika sudah seperti ini bisa membuat jok baret bahkan sobek.

Andry Herdiyana, pemilik bengkel modifikasi jok motor kustom, Relaxseat Modification, mengatakan, trik agar jok motor lebih awet ketika jadi tempat cakaran kucing yaitu dengan melapisi jok pakai cover.

"Pasangin cover jok, semacam bahan yang waterproof gitu, selain dapat melindungi dari percikan air hujan, juga bisa menutupi supaya terlindungi jok motornya," kata Andry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Cegah Virus Corona dengan Rutin Bersihkan Jok Mobil

Sarung jok motor anti airFoto: Toko Cover Jok Motor BCM/Tokopedia Sarung jok motor anti air

Selanjutnya, kata Andry usahakan jangan memarkir motor di sembarang tempat.

"Itu juga salah satu penyebab kucing sering tidur di jok motor orang dan dicakarin. Kucing punya naluri untuk membersihkan kukunya di tempat yang bisa dia cakar yang gak kasar," katanya.

Selain memasang cover jok, tak ada rawat kulit jok dengan memberikan lotion agar kulit tidak mudah pecah. Ini berlaku baik untuk kulit sintestis atau kulit asli.

Baca juga: Seperti Pesawat, Pasang Meja Lipat di Jok Mobil

"Perawatan kulit sintetis sebetulnya cukup mudah pakai lotion saja. Lotionnya sudah banyak dijual di pasaran, tinggal oleskan tiap satu atau dua bulan sekali," kata Andry

Sedangkan kalau kulit asli yaitu kulit sapi dan domba baiknya diberi pelembab agar kondisinya tetap terjaga. Namun jenis pelembab yang terbaik ialah mink oil.

"Mink oil itu sejenis lemak yang dibuat dari bahan hewani juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com