Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Virus Corona Melekat pada Helm

Kompas.com - 23/03/2020, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, asosiasi ojek online di Indonesia mengimbau para penumpangnya untuk membawa helm pribadi saat menggunakan jasanya.

Upaya ini bertujuan untuk menghindari penyebaran Virus corona atau Covid-19 yang sedang melanda Indonesia hampir satu bulan terakhir ini.

Mengingat helm bisa menjadi salah satu risiko penularan dari virus tersebut, hal ini mengharuskan masyarakat harus memperhatikan kebersihan helm masing-masing.

Bagi yang masih bingung, membersihkan helm agar tetap terjaga kebersihannya sebenarnya cukup sederhana, dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Naik, Pakai Kendaraan Pribadi buat Cegah Corona

Store Manager RSV, Aldi Kusuma, mengatakan, membersihkan helm cukup dilakukan dengan cara melepas bagian visor (kaca helm), padding (lapisan busa bagian dalam) dari helm.

Membersihkan helm. Motorcycle Membersihkan helm.

“Cukup dibersihkan dengan material pembersih yang ada di rumah, disarankan menggunakan detergen cair. Jangan menggunakan detergen bubuk, karena bisa merusak foam di dalamnya, yang terpenting Ph nya netral untuk cat sehingga tidak akan merusak cat juga,” ujar Aldi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (22/03/2020)

Baca juga: Jangan Asal Aktifkan Fitur Sirkulasi Udara Kabin Mobil

Untuk bagian padding sebaiknya dikucek secara perlahan dengan detergen cair, lalu bilas dengan lap microfiber. Setelah bersih, keringkan bagian yang sudah dilepas secara alami.

Sebaiknya jangan jemur di bawah terik matahari, apalagi memanfaatkan alat pengering rambut atau sejenisnya.

Store Manager RC Motogarage, Priadanis Nugroho Putra, mengatakan, mengeringkan padding secara paksa bisa membuat busanya cepat rusak. Jika panas terlalu kuat, bahkan bisa membuat padding menyusut karena terbakar.

“Cara mengeringkan padding yang benar cukup dijemur di teras rumah, yang terkena angin namun jangan sampair terpapar sinar matahari. Karena hal tersebut akan merusak bagian kulit dan membuat busa cepat kempes dan juga rontok,” ujar Danis.

Sedangkan untuk helm yang paddingnya tidak bisa dibuka, bisa lap menggunakan kain basah dan cairan pembersih yang sudah dicampurkan air hangat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com