Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Bikin Tampilan Motor Terlihat Retro

Kompas.com - 14/03/2020, 10:38 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak bagian sepeda motor yang bisa dimodifikasi, salah satunya ban. Mengganti ban bisa meningkatkan tampilan, terutama menjadi gaya retro atau klasik.

Salah satu gaya retro yang biasa dilakukan, yakni memasang dinding warna putih (white wall). Kini banyak bengkel atau toko aksesori menjual lis putih itu.

Sammy Rangkuti, pemilik dari bengkel modifikasi motor di Bogor, mengatakan, lis ban ini terbuat dari karet dan bisa dipasang ke ban dengan ukuran 10, 14, 17, dan 18 inci.

Baca juga: Ada Tes Psikologi, Bagaimana Nasib SIM Keliling?

modifikasi ban motorKompas.com/Fathan Radityasani modifikasi ban motor

“Proses pemasangannya yaitu dipress dengan ban, jadi tidak menggunakan lem. Caranya ban dan pelek harus dicopot dulu, lalu lisnya di pasang dan isi lagi tekanan udaranya,” kata Sammy kepada Kompas.com, Jumat (13/3/2020).

Menurut dia, pemasangannya juga harus dilakukan oleh orang yang sudah biasa, agar hasilnya pas. Apabila tidak presisi, maka bisa bergelombang, jadi hasilnya kurang bagus. Untuk masa pakainya tidak terlalu lama, apalagi jika sering terkena hujan dan panas.

“Masa pakainya bisa enam bulanan. Kalau dipakai harian, terkena hujan dan panas, karetnya bisa getas, jadi masa pakainya lebih cepat lagi,” ucap Sammy.

Untuk harganya, masih bisa didapatkan di bawah Rp 100.000 untuk satu motor, jadi masih ekonomis. Rinciannya, untuk pelek 17 inci Rp 65.000 dan untuk ukuran lainnya Rp 75.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com