Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Terjangkit Corona, McLaren Mundur dari F1 GP Australia

Kompas.com - 13/03/2020, 07:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Formula 1

MELBOURNE, KOMPAS.com - MCLaren Racing memutuskan untuk mundur dari seri balap perdana Formula 1 Grand Prix Australia 2020 yang dijadwalkan bakal dilaksanakan pada 13-15 Maret 2020 di sirkuit Albert Park, Australia.

Melansir laman Formula1, CEO McLaren Racing Zak Brown dan Team Principal McLaren Andreas Seidl menyatakan, keputusan berat tersebut patut diambil usai pebalapnya positif terkena wabah virus corona.

"McLaren Racing mengonfirmasi petang ini di Melbourne bahwa tim telah mengundurkan diri dari Formula 1 Grand Prix Australia 2020 menyusul hasil tes positif virus corona dari salah satu anggota tim," tulis pernyataan itu, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Ancaman Virus Corona Memaksa MotoGP Siapkan Skenario Ekstrem

Carlos Sainz Jr Carlos Sainz Jr

Saat ini, pebalap terkait yakni Carlos Sainz dan Lando Norris tengah dirawat oleh tim kesehatan setempat dan dikarantina.

"Anggota tim yang terinfeksi telah diperiksa dan segera menjalani isolasi begitu menunjukkan gejala-gejala dan sekarang akan dirawat oleh tim kesehatan pemerintah setempat," lanjutnya.

McLaren memprioritaskan kesehatan, bukan hanya anggota tim, dan kompetitor saja, melainkan seluruh stakeholdres yang terlibat dalam balapan, termasuk para penggemar.

Pihak Formula 1 pun mengamini kabar tersebut. Mereka mengaku akan terus berkomunikasi terkait perkembangan tim dan mengapresiasi keputusannya.

Baca juga: Akibat Corona, Formula E Jakarta Ditunda!

Tim McLaren F1 pertimbangkan bikin mesin sendiri. Frustasi?motorsport.com Tim McLaren F1 pertimbangkan bikin mesin sendiri. Frustasi?

"Setelah hasil tes pada anggota tim McLaren, Formula 1 dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) tengah melakukan kontak erat terkait perkembangan keputusan mereka. Saat ini, mereka juga telah berkoordinasi dengan semua otoritas terkait untuk langkah selanjutnya," tulisnya.

"Prioritas kami adalah keamanan para penggemar, tim, dan semua personel dalam lomba," lanjut keterangan itu.

Namun hingga berita ini diterbitkan, pihak Formula 1 maupun FIA belum membuat keputusan lanjutan terkait penyelenggaraan ajang F1 di Australia.

Sebelumnya, pada Rabu (11/3/2020), tersiar kabar ada empat anggota tim Haas dan satu personel McLaren yang harus menjalani pemeriksan. Mereka diindikasi terkena virus corona karena menunjukkan gejala-gejala.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

McLaren withdraw from the Australian Grand Prix after a team member contracts coronavirus

A post shared by FORMULA 1® (@f1) on Mar 12, 2020 at 4:56am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Formula 1
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com