Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Mobil yang Memiliki Fitur Paddle Shift

Kompas.com - 10/03/2020, 18:45 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengalaman berkendara yang nyaman dan praktis memang sering ditawarkan dengan mobil bertransmisi manual. Namun bagi para pecinta otomotif hal ini terkadang membosankan karena seluruh kontrol diambil alih oleh komputer.

Oleh karena itu banyak produsen mobil yang menyajikan mobil dengan transmisi otomatis yang juga dilengkapi dengan mode manual.

Mode manual biasanya terdapat pada tuas transmisi dengan tanda plus (+) dan mines (-), namun bisa juga muncul pada tuas yang ada di balik kemudi atau yang biasa dinamakan paddle shift.

Baca juga: Fitur Cruise Control Bisa Berguna Seiring Banyaknya Jalan Tol di Indonesia

Paddle shift pada dasarnya merupakan salah satu fitur yang terpasang di mobil balap Formula 1.

Fungsinya untuk menaik atau turunkan transmisi. Pemasangan tuas di balik kemudi bertujuan agar pebalap lebih konsentrasi mengemudi dan kedua tangannya tetap fokus pada setir.

Bahkan beberapa produsen mobil menyematkan fitur ini agar pengemudi bisa merasakan sensasi mengemudi seperti sporty layaknya pebalap.

Lantas, mobil apa saja yang menyematkan fitur tersebut?

1. Honda Jazz

Honda Jazz RS facelift Thailandpaultan.org Honda Jazz RS facelift Thailand

Varian tertinggi Honda Jazz, yaitu RS sudah dilengkapi dengan paddle shift. Mobil ini menawarkan dua pilihan transmisi, manual 5-speed dan CTV (Continuously Varible Transmission). Sementara harga yang ditawarkan untuk manual Rp 282,3 juta.

Baca juga: Kenali Fitur Paddle Shift Serta Kegunaannya

2. Honda Civic

Honda Civic Hatchback RSHPM Honda Civic Hatchback RS

Masih dari pabrikan Jepang, Honda Civic Hatcback juga menawarkan fitur paddle shift. Harga yang ditawarkan untuk mobil ini adalah Rp 499 juta.

3. Suzuki S-Cross

Suzuki S-Cross facelift, gril tampak makin besar.indianautosblog Suzuki S-Cross facelift, gril tampak makin besar.

Baca juga: Rasakan Sensasi Berkendara Layaknya Pebalap F1 dengan Paddle Shift


Tidak mau ketinggalan, Suzuki juga menghadirkan SX4 S-Cross yang patut masuk ke dalam daftar mobil dengan paddle shift. Mobil dengan gaya crossover ini dibanderol dengan harga Rp 291 juta untuk tipe MT dan Rp 304 juta untuk tipe AT.

4. Mistubishi Pajero Sport

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, memperkenalkan pembaruan pada Outlander Sport serta Pajero Sport Dakar 4x2 dan 4x4 rakitan lokal.Otomania/Setyo Adi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, memperkenalkan pembaruan pada Outlander Sport serta Pajero Sport Dakar 4x2 dan 4x4 rakitan lokal.

Mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4, selain unggul soal kemampuan off-road dan kelapangan kabin, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur paddle shift. Harga untuk mobil ini terbilang cukup mahal, yaitu Rp 702 juta.

5. Toyota Corolla Altis

All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Mobil yang memiliki keunggulan desain yang classy namun sporty ini juga memiliki fitur paddle shift. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 482,5 juta untuk tipe 1.8 G CTV, dan Rp 582,2 juta untuk tipe tertingginya yaitu 1.8 Hybrid CVT.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis dari ragam merek mobil di Indonesia yang memiliki fitur paddle shift. Bila berminat tinggal bertanya pada tenaga penjual setiap merek, jenis mobil apa yang punya fitur tersebut.

Tinggal disesuaikan dengan budget yang dimiliki, dan kebutuhan yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com