Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seri Pembuka MotoGP Qatar Batal karena Virus Corona

Kompas.com - 02/03/2020, 07:52 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

LOSAIL, KOMPAS.com - Seri perdana MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 8 Maret 2020, batal akibat dampak penyebaran Covid-19 alias virus corona. Meski begitu, Moto2 dan Moto3 masih digelar di Qatar.

"FIM, IRTA, dan Dorna menyesal mengumumkan pembatalan semua sesi kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk balapan," tulis pernyataan resmi penyelenggara mengutip MotoGP.com, Minggu (2/3/2020)

Dengan demikian, keputusan ini merevisi pernyataan Dorna sebelumnya yang mengatakan tidak akan mengubah jadwal balapan terkait penyebaran virus tersebut.

"Posisi dari FIM dan Dorna tidak berubah. Qatar Grand Prix dan acara berikutnya akan berlanjut secara normal," tulis pernyataan resmi dari Dorna, dikutip dari Crash.net, belum lama ini.

Baca juga: Ancaman Virus Corona, Geneva Motor Show 2020 Dibatalkan

 

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

Keputusan membatalkan kelas MotoGP di seri pembuka tak lepas dari upaya Pemerintah Qatar untuk membatasi penyebaran virus corona di negara kaya minyak tersebut.

Pemerintah Qatar menyeleksi ketat para pendatang dari Italia. Semua yang datang dari Italia lewat penerbangan langsung atau telah berada di negeri piza dalam dua pekan terakhir akan masuk karantina selama 14-28 hari.

Baca juga: MotoGP Qatar Tetap Digelar, Virus Corona Tak Bikin Gentar

Selain China sebagai negara asal virus tersebut dan beberapa negara Asia lain seperti Korea Selatan dan Thailand, negara-negara Eropa pun tak luput dari wabah virus corona, salah satunya Italia.

Padahal, seperti diketahui, Italia mempunyai peran besar dalam MotoGP. Setidaknya ada enam pebalap Italia di kelas premier, belum lagi ratusan kru tim dari level bawah sampai tinggi di berbagai tim MotoGP.

Adapun untuk Moto2 dan Moto3 tetap dilaksanakan karena semua tim sudah berada di Qatar sejak beberapa hari lalu untuk menyelesaikan tes pramusim kedua yang berlangsung akhir pekan ini.

"Karena tim dan pebalap kelas Moto2 dan Moto3 sudah berada di Qatar untuk tes resmi tiga hari di Sirkuit Internasional Losail awal pekan ini, balapan kedua kategori akan dimungkinkan," tulis pernyataan.

Adapun GPOne menyebutkan, seri kedua di Thailand yang digelar pada 20-22 Maret juga dikabarkan bakal ditunda sampai waktu yang belum diputuskan. Ada kemungkinan jadwalnya dipindah ke akhir tahun seperti pada musim lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com