Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Perlukah Budaya Memanaskan Mobil? Simak Ini

Kompas.com - 17/02/2020, 15:17 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan di era modern ini sudah banyak menganut teknologi terbaru, yang membuat ada banyak perbedaan dengan kendaraan generasi lawas. Salah satu contohnya adalah kebiasaan memanaskan mesin mobil di pagi hari.

Kebiasaan ini bisa bermanfaat untuk mobil yang masih mengusung teknologi zaman dulu (jadul), seperti masih pakai karburator atau mobil yang belum memiliki Electronic Control Unit (ECU).

Kebalikannya, untuk mobil zaman sekarang rata-rata sudah memiliki kemampuan lebih. Contohnya sudah dilengkapi dengan ECU, yang bisa membantu mesin bekerja optimal dalam kondisi apapun.

Baca juga: Sigra Pimpin Pasar Daihatsu, Pamor Xenia Mulai Redup

Selain itu banyak mobil generasi Fuel Injection yang sudah didukung oleh komputerisasi, sehingga tidak perlu lagi dipanaskan setiap hari.

Memanaskan mesin mobil sebenarnya hanya butuh waktu 5 sampai 10 menit, dan tidak perlu dilakukan setiap hari. Intinya ketika temperatur sudah naik dan oli naik keatas mesin mobil sudah bisa dijalankan," jelas Anjar Rosadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada Kompas.com, Senin (17/02/2020).

Anjar melanjutkan, kalau mau memanaskan mobil disarankan minimal dua hari sekali. "Karena kalau memanaskan mobil setiap hari hanya akan membuang-buang bahan bakar saja,” ujar Anjar lagi.

Ilustrasi mesin mobil.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ilustrasi mesin mobil.

Baca juga: Jika Aspal Permanen, Balapan Lain Bakal Antre di Sirkuit Monas

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh Didi Ahadi, Dealer Technical Sepport Dept. Head PT. TAM. Menurut Didi, mobil zaman sekarang sudah tidak perlu dipanaskan setiap hari.

"Mobil tidak perlu dipanaskan seiap hari, karena tujuan memanaskan mesin untuk oli bersirkulasi dengan baik. Sedangkan untuk mobil tahun 90-an keatas mesinnya sudah dilengkapi dengan one way valve. Sehingga oli dari atas tidak akan turun ke penampungan oli saat mesin dimatikan," ujar Didi.

Baik Anjar maupun Didi mengatakan, memanaskan mobil atau tidak, itu tergantung kebiasaan pengemudi. Namun yang terpenting dilakukan secukupnya saja tidak terlalu lama dan tidak terlalu sebentar.

Sambil menghidupkan mesin, lebih baik lagi bila sambil melakukan pengecekan ke komponen lain seperti ban, lampu-lampu kendaraan dan kelengkapan surat-surat, sebelum melakukan perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com